Ilmu Yang Diberikan Selama 3 Tahun Bisa Menjadi Anak Tangga Yang Kokoh Untuk Menaiki Tangga Berikutnya -->

Iklan Atas

Ilmu Yang Diberikan Selama 3 Tahun Bisa Menjadi Anak Tangga Yang Kokoh Untuk Menaiki Tangga Berikutnya

Rabu, 28 Februari 2024


Kepala sekolah SMAN 7 Solok Selatan, berikan tanda perpisahan kepada siswa siswi yang akan menamatkan pendidikan disekolah itu, pada acara perpisahan. (Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Walaupun cuaca mendung dan tidak mendukung Farewell Party 18 Starvisco SMAN 7 Solok Selatan, (Sumbar) tetap berlangsung meriah. 

Turut hadir pada acara perpisahan siswa kelas XII di SMAN 7 Solok Selatan itu Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Solok Raya Arlison Sembiring, Camat Sangir Batang Hari Mardison, Kapolsek SBH Iptu Wahyuli Amra, Ketua Komite neserta anggota, kepala sekolah SMA se Solok Selatan

Kepala sekolah SMAN 7 Solok Selatan Mairisna dalam sambutanya menyampaikan 
Sebanyak 75 orang siswa siswi kami di SMAN 7 Solok Selatan ini telah menamatkan jenjang pendidikan di tingkat SMA, merroa semua memiliki nilai dan hasil yang sangat memuaskan, artinya tidak ada siswa kami yang sayang dengan bangku tempat dia menimba ilmu. 

Selaku kepala sekolah yang mewakili madjilis guru sangat berharap kepada siswa yang nantinya akan menerima ijazah, pergunakanlah Ijazah ananda itu sebaik baiknya, dengan ijazah itu kalian. bisa menentukan arah masa depan kalian, namun kami sangat berharap lanjutkanlah pendidikan kalian kejenjang yang lebih tinggi. 

Zaman sekaran orang berpacu dengan ilmu dan teknologi yang bisa membawa perubahan bagi ananda semua, oleh karena itu mantaatkanlah teknoloho itu untuk meraih impianmu. 

Sebuah ungkapan yang tak asing lagi bagi kita, dimana ada pertemuan, disitu ada perpisahan” begitulah dengan para siswaku tercinta, mereka mulai diterima di SMAN 7 Solok Selatan dalam keadaan penuh harapan mulai dari proses penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 3 tahun lalu, kemudian kalian dibina, diajarkan, dididik, dibimbing, diarahkan, diatur, hingga hari ini.

Kalian harus berpisah dengan kami para gurunya, mudah-mudahan saja ilmu yang diberikan selama 3 tahun bisa menjadi anak tangga yang kokoh untuk menaiki tangga berikutnya. 

Untuk selanjutnya kalian harus pergi lagi menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita dan mimpi kalian.
 
Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk nencapai mimpi dan cita-cita kalian
pertama tentukan target dan tujuan hidup kalian karena kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya atau hadir begitu saja dalam kehidupan seseorang.

Kesuksesan merupakan sebuah proses yang terjadi dari berbagai rangkaian peristiwa, jangan takut bermimpi dan wujudkan mimpi kalian. 

Bermimpilah karena mimpilah yang akan membuat seorang pengecut berani melangkah dan mimpilah yang akan membuat semangat kita terbakar untuk mewujudkan dan menggapai cita-cita kita. 
 
Temukan nilai diri kalian karena setiap individu memiliki bakat dan potensi yang berbeda dalam diri masing-masing individu. Seorang yang sukses adalah mereka yang mampu melihat bakat dan potensi yang dimiliki serta mampu mengembangkan bakat dan potensinya tersebut. 

Jagalah nama baik sekolah kita dimanapun kalian memijakkan kaki, luapkan kegembiraan kelulusan nanti dengan sujud syukur insya Allah jika kita bersyukur akan diberi nikmat yang lebih besar.
 
Selamat jalan anak-anakku sekalian! Semoga Tuhan mempertemukan kita kembali dimasa yang akan datang.

Semoga kita semua dapat mencapai apa yang kita cita-citakan agar SMAN 7 Solok Selatan menjadi sebuah lembaga pendidikan yang dapat berkiprah ditatanan kabupaten Maupun Provinsi.

Camat Sangir Batang Hari Marlison dalam sambutanya menyampaikan, Setiap sekolah selalu menggelar sebuah acara dan ini memang sudah keinginan dari para siswa untuk kebersamaan

Dalam acara perpisahan ini tentu ada yang harus diperhatikan, pertama siswa itu masih dalam tahap pe didikan menuju kejenjang yang lebih tinggi, artinya masih panjang perjalananya. 

Saat ini. siswa masih akan ada. satu lagi persiapan yaitu persiapan untuk menempuh  ujian akhir, kami dari pihak pemerintah  berharap didalam pelaksanaan ujian nanti mereka. betul betul pokus untuk berjuang memcari nilai tertinggi, demgam nilai yang tertinggi itulah nanti semua siswa bisa lulus dan mencapai tujuan masa depan dalam melanjutkan pendidikan. 

Perlu kami sampaikan setelah menerima! Ijazah nanti, jangan sampai Ijazah itu terlipat dibawah bantal, dan gapai cita cita demi. masa depan. 



Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Korwas Pengawas SMA/SMK  Arlison Sembiring dalam arahanya menyampaikan, persaingan dalam dunia tenaga kerja sangat tinggi, dan tamatan ada 11 SMA di Solsel belum lagi SMK. Berapa banyak siswa yang tamat, jumlahnya mencapai ribuan.

"Makanya ananda sekalian tanya diri sendiri jadi mau jadi apa nanti. Kita harus punya rencana, mau masuk perguruan tinggi atau di angkatan atau lainnya. Harus ada pilihan untuk kesuksesan di masa akan datang," harap Sembiring. 

Kepada orang tua atau wali murid, untun di ketahui bahwa SMAN 7 Solsel ini satu-satunya sekolah yang di biayai negara sebagai sekolah boarding school. Sekolah yang memiliki asrama yang dapat menampung 60 orang siswa yang domisilinya jauh atau yang kurang mampu.

"Makan minum mereka ditanggung negara dan ada pembina asrama. Tahun depan mungkin saja SMAN 9 Solok Selatan juga akan ada boarding school," ucapnya lagi. 

Saya tidak ingin ada lagi suara sumbang dari orang tua siswa tidak ada biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, pemerintah daerah sudah mempersiapkan sarana pendidikan tingkat tinggi seperti di Lubuk Malako sudah ada kampus Akademi Komonitas Negeri Solok Selatan (PSDKU), dan sudah ada yang lulus menjadi ASN jadi jangan ragu dan takut untuk kuliah di daerah kita sendiri. (Abg