Inovasi Tangki Bahan Bakar, New Honda Stylo 160 Meluncur di Indonesia -->

Iklan Atas

Inovasi Tangki Bahan Bakar, New Honda Stylo 160 Meluncur di Indonesia

Sabtu, 10 Februari 2024

Tangki bensin Honda Stylo 160 di bawah jok, ternyata ini alasannya.


Jakarta - New Honda Stylo 160 telah resmi meluncur di Indonesia. Motor terbaru dari Honda ini memiliki tangki bahan bakar yang ditempatkan di bawah jok, berbeda dengan pesaing sekelasnya yang umumnya menempatkan tangki BBM di dek depan atau tengah.


Penempatan tangki bahan bakar di bawah jok membuat bagasi menjadi lebih luas, memungkinkan pengendara membawa lebih banyak barang. Sebagai contoh, Honda PCX 160 memiliki kapasitas bagasi hingga 30 liter.


Large Project Leader Stylo 160, Takuro Nakamura, menjelaskan bahwa penempatan tangki bensin di bawah jok telah dipilih sesuai dengan desain yang diinginkan untuk motor ini. Oleh karena itu, Honda memutuskan untuk tidak memasang tangki BBM di tengah seperti pada PCX 160.


"Penempatan tersebut sesuai dengan konsep Honda. Meskipun PCX memiliki tangki depan, namun ada center tunnel yang membuat kaki tidak bergeser," ujar Nakamura saat peluncuran Honda Stylo 160 di Cikarang, Jawa Barat.


Yamaha Grand Filano, pesaing Stylo 160, memilih untuk menempatkan tangki bahan bakar di bawah dek atau pijakan kaki. Namun, ruang yang terbatas mengakibatkan kapasitas tangki menjadi lebih kecil.


Hal ini menjadi pertimbangan bagi Honda dalam menempatkan tangki bahan bakar pada New Honda Stylo 160. Untuk memperoleh kapasitas yang lebih besar, dek atau pijakan kaki dibuat menonjol pada bagian tengah, serupa dengan PCX.


"Kami memilih untuk membuat bagian depannya datar. Meskipun tangki berada di depan, namun bagian tersebut dirancang datar sesuai dengan desain yang diinginkan, sehingga tangki bahan bakar tetap ditempatkan di belakang," jelas Nakamura.


New Honda Stylo 160 dikembangkan di Jepang khusus untuk karakter berkendara di Indonesia. Nakamura berharap motor ini dapat mencerminkan gaya hidup sehari-hari maupun aktivitas di akhir pekan.


"Pemilihan nama 'Stylo' sendiri menggambarkan pesan untuk menjadi diri Anda sendiri. Kami telah dengan sepenuh hati mengembangkan model ini agar menjadi motor yang istimewa sesuai dengan namanya," tambah Takuro.


New Honda Stylo 160 tersedia dalam dua tipe, yaitu ABS dan CBS, dengan total 6 varian warna. Tipe ABS dijual seharga Rp30.425.000 dengan tiga pilihan warna, yakni Royal Green, Royal Matte Black, dan Royal Matte White.


Sementara itu, Honda Stylo 160 tipe CBS dibanderol dengan harga Rp27.550.000, dengan tiga pilihan warna juga, yaitu Glam Red, Glam Black, dan Glam Beige. Semua harga tersebut merupakan harga on the road (OTR) Jakarta.(BY)