Kabar Terbaru, Batas Usulan Formasi CPNS Diperpanjang oleh Menteri PANRB -->

Iklan Atas

Kabar Terbaru, Batas Usulan Formasi CPNS Diperpanjang oleh Menteri PANRB

Kamis, 15 Februari 2024

Usulan formasi CPNS diperpanjang


Jakarta - Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengumumkan perpanjangan batas waktu usulan formasi CPNS hingga 16 Februari, setelahnya dari tanggal aslinya, yakni 31 Januari atau setelah Pemilu pada 14 Februari.


Menteri Anas menjelaskan bahwa proses penyampaian usulan formasi jabatan dan informasi jabatan melalui SIASN Layanan Perencanaan Kebutuhan ASN bertujuan untuk menetapkan jumlah dan jenis jabatan yang diperlukan oleh organisasi sesuai prioritas. Data ini didasarkan pada analisis jabatan dan analisis beban kerja di setiap organisasi, serta mencakup kualifikasi pendidikan, persyaratan jabatan, dan lainnya.


“Saat ini kami tengah melakukan verifikasi usulan kebutuhan CASN yang telah diajukan oleh instansi pusat dan daerah ke dalam e-formasi,” ujar Menteri Anas dalam pernyataan resminya, pada Selasa (13/2/2024).


Sebagaimana telah diumumkan sebelumnya, pemerintah telah menetapkan proyeksi kebutuhan ASN secara nasional pada tahun 2024 sebanyak 2.302.543. Kebutuhan tersebut terdiri dari 690.822 calon pegawai negeri sipil (CPNS), 1.605.694 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan 6.027 usulan sekolah kedinasan.


Kebijakan rekrutmen ASN tahun ini menekankan pada pemenuhan kebutuhan tenaga di bidang pelayanan dasar, seperti tenaga guru dan tenaga kesehatan. Selain itu, fokus juga diberikan pada penyelesaian masalah kekurangan tenaga non-ASN sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 20/2023 tentang ASN.


Tahun ini, kebijakan rekrutmen ASN juga memberikan peluang bagi lulusan baru (fresh graduate) yang diharapkan dapat mengisi posisi yang akan terpengaruh oleh transformasi digital, dan memprioritaskan individu dengan keahlian digital.(BY)