Kebocoran Gas Amonia di Pabrik Es Tangerang, 200 Warga Dievakuasi, 28 Dirawat -->

Iklan Atas

Kebocoran Gas Amonia di Pabrik Es Tangerang, 200 Warga Dievakuasi, 28 Dirawat

Rabu, 07 Februari 2024
Gas amonia pabrik es di Karawaci, Tangerang, bocor. Peristiwa itu disebabkan salah satu pipa terlepas. 


Tangerang - Kebocoran gas amonia di pabrik es di Karawaci, Tangerang, pada Selasa (6/2/2024), disebabkan oleh kelongsoran selang. Insiden ini menyebabkan evakuasi 200 warga dan 28 orang dirawat di rumah sakit.


Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho, menjelaskan bahwa gas amonia digunakan dalam proses pendinginan pembuatan es, dan kebocoran terjadi karena salah satu selang terlepas. "Pada saat proses itu berlangsung, terjadi kelongsoran pada pipa gas amonia," ujarnya kepada media.


Efek dari kebocoran gas ini menyebabkan beberapa warga mengalami kesulitan bernafas, memaksa mereka untuk keluar rumah. Video dan foto yang diunggah di akun Instagram @abouttngid memperlihatkan warga berlarian dan berkumpul di Jembatan Kaca Kota Tangerang untuk menyelamatkan diri.


"Warga melaporkan kesulitan bernafas dan secara sukarela membantu bangun warga lainnya," tulis keterangan di akun Instagram @abouttngid. Sebuah akun pengguna, @the_real***, menyampaikan, "Saya bahkan tidak bisa bernapas dari rumah sampai ke polres, muntah, dan mata terasa perih."


Petugas damkar telah menangani lokasi kejadian, dan upaya pengurangan pencemaran udara dilakukan dengan penyiraman di sekitar area tersebut. Saat ini, situasi di lokasi sudah dalam kendali. (des)