Kepala Sekolah Penggerak Kota Payakumbuh ke Perpusnas RI -->

Iklan Atas

Kepala Sekolah Penggerak Kota Payakumbuh ke Perpusnas RI

Selasa, 06 Februari 2024
.


Jakarta, fajarsumbar.com - Sebanyak 10 orang kepala  SD pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 3 Kota Payakumbuh dan pengawas SD, Syarfionarita S. Pd, Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Nikmat Elva, M.Pd serta didampingi lansung okeh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril S.Pd., M.Pd, disambut hangat saat melakukan kunjungan kerja peningkatan literasi melalui penguatan perpustakaan sekolah ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Selasa, 6 Februari 2024 di Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat.


Tujuan kunjungan ini adalah untuk mendapatkan pembinaan dan arahan lansung  dari Kepala Perpusnas/ Deputi dan para Pustakawan Utama dalam kunjungan ke Perpusnas diharapkan bermanfaat untuk:

1. Memperkuat perpustakaan Sekolah menjadi sarana Literasi sekolah

2. Mempelajari prosedur dan cara mempersiapkan Akreditasi Perpustakaan  Sekolah.

3. Mengaktifkan layanan Perpustakaan digital dan menjadikan guru dan siswa Kota Payakumbuh memiliki akses layanan Perpusnas.

4. Menerima hibah buku bacaan untuk memperkaya bahan bacaan perpustakaan sekolah.

5. Mengamati dan berkeliling di Gedung perpustakaan nasional RI di jalan Medan Merdeka Selatan nomor 11 Jakarta pusat  melihat berbagai kokeksi di lantai 2, 5, 7, 9 dan 24.


Ikut serta dalam rombongan Kepala SD Pelaksana Program PSP sebagai berikut, Peri Anita, S.Pd Kepsek SDN 01 Payakumbuh, Sri Herawati, S.Pd. Kepsek SDN 20, Wisma Diandra S.Pd, Kepsek SDN 28, Yusfita Rahmi, S.Pd, Kepsek SDN 33, Deri Sasmita S.Pd, Kepsek SDN 40, Zilhusni, S.Pd, Kepsek SDN 45, Sonya Anggraini, S.Pd, Kepsek SDN 51, Afni Filda. M, S.Pd, Kepsek SDN 55, Aslina Roza S.Pd kepsek  SDN 61, Ananda Putra M.Pd dan Kepsek SDS IPHI Payakumbuh.


Rombongan Kadis Pendidikan dan Kepsek PSP Kota Payakumbuh disambut dengan hangat di lantai 5 oleh Dra. Mariana Ginting Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi yang didampingi oleh Yuliatry Bunga, S.IPI. Ketua Kelompok Kerja Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi Perpustakaan dan Yuli Maryani, S. Sos., M. Si. Ketua SubKelompok Kerja Layanan Referensi Perpusnas RI. 


Setelah dijelaskan berbagai program dan kegiatan Perpusnas RI antara lain Peningkatan ketersedian koleksi buku bacaan untuk siswa SD, SMP dan SLTA melalui perpustakaan Desa dan pembinaan dan akreditasi perpustakaan sekolah serta bebagai layanan digital Perpusnas. 


Selanjutnya rombongan pimpinan Pendidikan asal Kota Payakumbuh ini diajak naik ke lantai 24 gedung Perpusnas RI melihat koleksi kebudayaan dan buku daerah-daerah se Indonesia serta bisa melihat Monumen Nasional (Monas) dengan jelas dari teras lantai 24 tersebut. Puas berkeling melihat berbagai kokeksi buku dari berbagai provinsi yang ditata rapi di rak buku di lantai 24 termasuk koleksi buku-buku Minangkabau dan Sumatera Barat rombongan diajak turun ke lantai 9 melihat berbagai naskah kuno Nusantara dan diberikan beberapa buku untuk dibawa ke Payakumbuh dan dibaca.


Selesai berkunjung di lantai 9 rombongan diantar ke lantai 7 tempat buku-buku untuk bacaan anak sekolah dan ruang layanan perpustakaan bagi anak sekolah,  rombongan diajak ke lantai 2 untuk didaftarkan secara lansung serta penerbitan kartu keanggotaan Perpusnas RI yang berlaku seumur hidup.


Kepsek yang berkunjung ke Perpusnas RI ini berjanji segera akan membenahi layanan perpustakaan sekolah di sekolah masing-masing serta menyediakan tenaga/petugas layanan perpustakaan yang kompeten melalui pelatihan yang akan dikerjasamakan dengan ahli-ahli perpustakaan dari Perpusnas RI. 


"Kami segara akan menyiapkan  pelatihan bagi pengelola perpustakaan sekolah guna mengotimalkan layanan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa", Jelas Ananda Putra M.Pd. Kepala SD IPHI Kota Payakumbuh yang diamini oleh kepsek PSP lainnya.(ul)