Keputusan Penting, 12 Proyek Strategis Nasional Dicoret dari Daftar -->

Iklan Atas

Keputusan Penting, 12 Proyek Strategis Nasional Dicoret dari Daftar

Kamis, 08 Februari 2024

12 proyek PSN dicoret


Jakarta - Pada tahun 2024, terdapat 12 proyek strategis nasional yang dihapus dari daftar. Wahyu Utomo, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Bidang Perekonomian, menjelaskan bahwa keputusan ini diambil karena progres proyek-proyek tersebut tidak menunjukkan perkembangan yang memadai setidaknya hingga akhir semester II 2023.


"Dalam evaluasi kami, proyek-proyek tersebut tidak menunjukkan kemajuan hingga semester II/2024, sehingga berdasarkan arahan Presiden, proyek-proyek ini dihapus dari daftar PSN," ungkap Wahyu Utomo dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perekonomian, Rabu (7/2/2024).


Meskipun dihapus dari daftar PSN, kemungkinan proyek-proyek tersebut akan tetap dikerjakan di masa mendatang, namun tanpa fasilitas khusus seperti pembebasan lahan yang ditanggung oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).


"Walaupun demikian, proyek-proyek ini akan tetap dilaksanakan secara reguler, namun tanpa mendapat fasilitas PSN," tambahnya.


Wahyu menjelaskan bahwa ada tiga masalah utama dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, yaitu ketersediaan lahan, perizinan, dan pembiayaan.


Permasalahan terkait lahan disebabkan oleh tumpang tindih status lahan antarinstansi pemerintah, BUMN, dan swasta, serta klaim lahan yang bersinggungan antara pemerintah dan masyarakat.


Masalah perizinan diatasi dengan kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) dan peluncuran sistem OSS (Online Single Submission) sebagai upaya untuk mempermudah penerbitan perizinan.


Sementara dari segi pembiayaan, keterbatasan fiskal negara menjadi kendala utama. Oleh karena itu, Pemerintah harus mengembangkan skema yang menarik bagi investor untuk berinvestasi dalam proyek infrastruktur di Indonesia.


"Misalnya, infrastruktur yang sudah selesai seharusnya dapat menghasilkan sumber pembiayaan tambahan yang bisa digunakan Pemerintah untuk membangun proyek-proyek lainnya," tutupnya.


Berikut adalah 12 proyek strategis nasional yang dihapus dari daftar pada tahun 2024:


Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Penyediaan Air Baku Sidan di Provinsi Bali

Jalan Tol Rantau Prapat - Kisaran

Jalan Tol Langsa - Lhokseumawe

Jalan Tol Lhokseumawe - Sigli

Jalan Tol Dumai - Sp. Sigambal - Rantau Prapat

Jalan Tol Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau

SPAM Djuanda/Jatiluhur II, Jawa Barat - DKI Jakarta

SPAM Jatigede di Jawa Barat

SPAM Kamijoro di D.I.Yogyakarta

Pelabuhan Ambon Baru

Kawasan Industri Tanggamus di Lampung.(BY)