Ketua Kelompok Dasawisma Matahari 28 Badinah Murni Ekspos di Tingkat Sumbar Mewakili Tanah Datar -->

Iklan Atas

Ketua Kelompok Dasawisma Matahari 28 Badinah Murni Ekspos di Tingkat Sumbar Mewakili Tanah Datar

Minggu, 11 Februari 2024

Penilaian Ketua Kelompok Dasawisma Matahari 28 Badinah Murni Nagari Minangkabau oleh tim Provinsi Sumbar

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Kelompok Dasawisma Matahari 28, Jorong Badinah Murni, Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, berhasil menjadi Juara I tingkat Kabupaten Tanah Datar dan berhak mewakili ke Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).


Setelah dilakukan verifikasi lapangan oleh TPPKK Kabupaten Tanah Datar, Ketua Kelompok Dasawisma Matahari 28 Nagari Minangkabau Ismayenti menyampaikan kepada media, di kantor Wali Nagari kemarin, ekspos terkait profil kelompok Dasawisma tersebut dilakukan dihadapan dewan juri, di Kantor TPPKK Provinsi Sumbar di Kota Padang, beberapa hari yang lalu.


Dalam eksposnya, Ismayenti menyampaikan berbagai program dan kegiatan serta inovasi-inovasi yang dilakukan kelompok Dasawisma Matahari 28, seperti pada Sekretariat, Semangat Bersama Benahi Kelompok Dasawisma (Semai Benih Delima), Pokja I Gerakan Pejuang Subuh Anak dan Remaja dalam upaya mendukung Program Unggulan Pemerintah Daerah Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah.


Inovasi Nasi Bungkus Setiap Hari Jum’at (Nabung Jum’at) bagi jamaah masjid sebanyak 100 bungkus, Sosialisasi Sumbang Duo Baleh (Sosis Duleh), Pembinaan Sanggar Seni dan Komunitas Olah Raga.


Inovasi pada Pokja II disampaikan Ismayenti seperti Pojok Literasi atau sudut baca pada kelompok Dasawisma, pembinaan UMKM dengan berbagai makanan olahan berbahan baku lokal, serta juga sulaman benang emas, sapu tangan dalamak, sapu tangan mato, sarung bantal kursi dan hiasan dinding.


Sementara, pada Pokja III ada inovasi Palanta yaitu pemanfaatan lahan terbatas, Saung Hijau Dasawisma tempat pertemun kelompok Dasawisma, Ecoenzym atau pengelolaan sampah organik pengelolaan pupuk kompos, budidaya burung walet, kebun kelompok Dasawisma dan bank sampah.


Untuk inovasi pada Pokja IV Ismayenti menyebutkan, program Santiang dalam rangka sosialisasi dan pembinaan warga yang bekerja sama dengan puskesmas, pengunaan jamban sehat (Perjasera), Bentor Melaju Cegah Stunting yaitu becak motor untuk mengumpulkan hasil panen, buah dan sayuran.


Untuk klasifikasi kelompok Dasawisma di tiga jorong di Nagari Minangkabau dikatakan Ismayenti yaitu, Jorong Minang Jaya sebanyak 15 kelompok 5 berkembang, 10 maju. Jorong Badinah Murni 15 kelompok dan klasifikasi maju dan Jorong Klarasan Tanjung 8 kelompok, 3 berkembang dan 5 maju.


Penilaian Ketua Kelompok Dasawisma Matahari 28 Nagari Minangkabau Ismayenti tersebut, turut didampingi Ketua TPPKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, beserta sejumlah pengurus dan kader Dasawisma Matahari 28.


Sementara itu, Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra katakan, penyampaian ekspos ketua kelompok dasawisma yang sebelumnya juga ada ujian tertulis ini langsung dihadapan dewan juri yang dipimpin langsung Wakil Ketua TPPKK Provinsi Sumbar Ny. dr. Fitria Amalia Audy dan turut disaksikan Ketua TPPKK Kabupaten dan Kota se-Sumbar.


"Ekspos yang disampaikan Ismayenti, sebelumnya juga diadakan ujian tertulis terkait kegiatan dan inovasi yang dilakukan di Dasawisma, kami turut mendampingi dan menyaksikan langsung guna memberikan motivasi dan semangat," ucap Lise.


Ny. Lise juga sebutkan, untuk saat ini capaian yang ingin diraih bisa lolos enam besar kategori kabupaten dan menjadi juara Dasawisma ditingkat Provinsi Sumbar, setelah penilaian lapangan dari Tim Provinsi Sumbar pada bulan Maret mendatang. "Kita dukung dan do’akan bersama semoga Ismayenti bisa lolos dan menjadi yang terbaik ditingkat Provinsi Sumbar dan membawa harum nama Kabupaten Tanah Datar," tutupnya. (F12)