Kisah Inspiratif Ronald Susilo, Dari Pendidikan hingga Kejayaan di Bulu Tangkis -->

Iklan Atas

Kisah Inspiratif Ronald Susilo, Dari Pendidikan hingga Kejayaan di Bulu Tangkis

Sabtu, 10 Februari 2024

Mantan tunggal putra Singapura, Ronald Susilo


Fajarsumbar.id - Cerita pebulutangkis berdarah Indonesia yang telah mengharumkan nama Singapura dalam kompetisi internasional akan kita bahas kali ini. Pemain ini bahkan berhasil meraih gelar juara di Japan Open dan mencapai babak semifinal All England, serta berhasil lolos ke ajang Olimpiade.


Pebulutangkis yang dimaksud adalah Ronald Susilo. Saat pertama kali datang ke Singapura, Ronald awalnya hanya memiliki fokus untuk mengejar pendidikan.


Ronald Susilo bersekolah di Anglo Chinese School. Di sana, dia juga bermain untuk tim bulutangkis sekolah, yang sudah menjadi hobinya sejak di Indonesia.


"Ketika saya tiba di Singapura, ayah saya hanya ingin saya mendapatkan pendidikan yang baik," ujar Ronald, seperti yang dilansir dari laman Population.


"Saya tidak pernah berpikir saya akan menjadi seorang pebulutangkis profesional," tambahnya.


Tidak disangka, pada tahun 1998, Ronald berhasil masuk ke dalam tim utama bulutangkis Singapura. Empat tahun setelah itu, Ronald diberikan status warga negara Singapura dan terus membela negara Singa.


Pada awal tahun 2000-an, Ronald Susilo mencapai puncak prestasinya bersama tim bulu tangkis Singapura. Dia berhasil mencapai babak semifinal All England, tampil di Olimpiade, dan yang paling mengesankan adalah meraih gelar juara di Japan Open.


Secara total, selama karirnya, Ronald berhasil meraih tiga gelar juara. Selain Japan Open 2004, Ronald juga meraih gelar di Thailand Open 2003 dan Luxembourg Open 2006.(BY)