Legislator dr. Suir Syam Adakan Sosialisasi, Advokasi dan KIE Penurunan Stunting di Sumbar -->

Iklan Atas

Legislator dr. Suir Syam Adakan Sosialisasi, Advokasi dan KIE Penurunan Stunting di Sumbar

Minggu, 04 Februari 2024

Anggota DPR RI dr Suir Syam berikan paparannya pada Sosialisasi, Advokasi dan KIE Penurunan Stunting


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sekitar seratusan masyarakat menghadiri Sosialisasi, Advokasi dan KIE Penurunan Stunting di Sumbar, yang dilaksanakan oleh anggota DPR RI dr. H. Syuir Syam, M.Kes, MMR bersama BKKBN Provinsi Sumbar, di Gedung Serbaguna Kantor Camat Lima Kaum, Minggu (4/2/24).


dr. H. Syuir Syam yang merupakan Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra, saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat menjelaskan, saat ini di Kabupaten Tanah Datar masih terdapat anak anak yang terdampak Stunting, untuk itu kita harus bekerja keras untuk penurunan angka Stunting itu. 


Suir Syam katakan, Pemerintah menginginkan anak anak Indonesia tidak Stunting, sebab kalau anak anak Stunting, setelah dewasanya menjadi anak yang berkekurangan dari segi fisik hingga kemampuan berfikir yang lemah, sehingga tidak bisa mandiri dan akan bergantung kepada kedua orang tua, serta keluarganya dimasa depan.


Dapat dibayangkan nanti menurut statistik penduduk kita pada tahun 2045, umur angkatan kerja jauh lebih besar dari pada angkatan yang tidak bekerja, berbanding terbalik untuk saat ini. Oleh karena itu, pada tahun tersebut pemerintah berharap, generasi muda diharapkan menjadi generasi emas dimasanya.


"Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, saat ini mengupayakan untuk menurunkan angka Stunting, melalui kegiatan sosialisasi semacam ini, dan mengupayakan agar orang tuanya paham akan bahayanya Stunting terhadap anak anak mereka, sehingga kelak anak punya masa depan yang cemerlang," ujar Suir Syam. 


Sementara itu, Kepala BKKBN Sumbar diwakili Nova Dewita katakan, terimakasih kepada dr. Suir Syam yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini, kegiatan ini sangat penting sekali dilakukan mengingat angka prevalensi Stunting di Sumbar terkhusus di Tanah Datar masih diatas angka 14 %.


"Kita harapkan pada akhir tahun 2024 ini, angka Stunting kita mencapai 14 %," sampainya.


Acara tersebut turut dihadiri, Anggota DPRD Tanah Datar Kamrita, Camat Lima Kaum Ikrar Phalepi bersama Forkopimca dan peserta sosialisasi. (F12)