Masa Depan Troussier Dibahas, Dukungan VFF pada Timnas Vietnam Tetap Kekal -->

Iklan Atas

Masa Depan Troussier Dibahas, Dukungan VFF pada Timnas Vietnam Tetap Kekal

Senin, 05 Februari 2024

Philippe Troussier kala melatih Timnas Vietnam.


Fajarsumbar.id - Kinerja Philippe Troussier sebagai pelatih Timnas Vietnam menjadi sorotan publik. Spekulasi tentang kemungkinan dipecatnya Troussier muncul jika Vietnam kalah dari Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.


Troussier mendapat kritik tajam setelah gagal membawa Timnas Vietnam bersinar di Piala Asia 2023. Di turnamen tersebut, Vietnam tersingkir di babak penyisihan grup setelah tidak berhasil meraih poin sama sekali, termasuk kekalahan dari Timnas Indonesia dengan skor 0-1.


Desakan untuk memecat Philippe Troussier pun muncul, bahkan ada yang menuntut pemecatannya jika Vietnam kalah dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 dari Timnas Indonesia.


Vietnam akan menghadapi Timnas Indonesia dua kali dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Maret 2024. Pertandingan pertama akan berlangsung di Indonesia pada 21 Maret 2024, sedangkan pertandingan kedua akan di Vietnam pada 26 Maret 2024.


Wakil Ketua Federasi Sepakbola Vietnam (VFF), Nguyen Xuan Vu, angkat bicara terkait isu ini. Nguyen Xuan Vu menegaskan bahwa VFF tetap memberikan dukungan kepada Philippe Troussier.


"Ibarat keluarga, Timnas Vietnam bukanlah kepemilikan pribadi VFF atau Troussier. Tim nasional adalah harta bersama negara," tegas Nguyen Xuan Vu seperti yang dilaporkan oleh Dantri pada Senin (5/2/2024).


"Kami akan bekerja sama dengan klub-klub untuk memastikan Timnas Vietnam siap menghadapi pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada bulan Maret mendatang," tambahnya.


"Tujuan VFF adalah kesuksesan Timnas Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia, terutama pada dua pertandingan yang akan datang di bulan Maret. Jika hasilnya tidak sesuai harapan, VFF akan duduk bersama Troussier untuk mencari solusi, namun tidak ada klausul dalam kontrak yang memungkinkan pemecatan Troussier secara langsung," jelasnya.(BY)