Motor Listrik Honda EM1 e, Tiba di Tangan Konsumen, Mulai Perubahan Baru di Industri Sepeda Motor -->

Iklan Atas

Motor Listrik Honda EM1 e, Tiba di Tangan Konsumen, Mulai Perubahan Baru di Industri Sepeda Motor

Minggu, 04 Februari 2024

Motor listrik Honda EM1 e: telah dikirim ke konsumen, segini jumlahnya.


Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) telah secara resmi mengirimkan sejumlah motor listrik Honda EM1 e: kepada konsumen, menandai langkah signifikan dalam industri sepeda motor nasional. Sebanyak 60 unit motor listrik Honda EM1 e: telah diterima oleh konsumen sejak pengumuman harga pada Desember 2023.


Octavianus Dwi Putro, Direktur Pemasaran PT AHM, menyatakan bahwa pengiriman tersebut masih terus berlanjut, dengan harapan peningkatan jumlah pemesanan di masa mendatang. Selain itu, pengiriman masih berfokus di Pulau Jawa, sementara pengiriman ke luar Pulau Jawa masih dalam proses pengiriman.


“Saat ini kita sudah mengirimkan ke konsumen 60 unit. Sejauh ini (mayoritas) masih Pulau Jawa karena kan ke luar Jawa masih proses delivery,” ungkap Octa di AHM Safety Riding & Training Center, Cikarang, Jumat (2/2/2024).


Dari 60 unit yang dikirimkan, Octa menjelaskan bahwa tidak semua konsumen memanfaatkan subsidi Rp7 juta yang ditawarkan. Kebijakan subsidi tersebut berlaku dengan syarat 1 Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk 1 unit motor listrik, sehingga pembelian lebih dari satu unit tidak memenuhi syarat subsidi.


Sebelumnya, Thomas Wijaya, Wakil Presiden Direktur Eksekutif PT AHM, mengungkapkan bahwa sebanyak 100 unit Honda EM1 e: sudah terpesan sejak peluncurannya di GIIAS 2023 pada bulan Agustus. Sementara itu, untuk tahun ini, Honda berkomitmen untuk meluncurkan dua model motor listrik baru dengan performa lebih besar dibandingkan Honda EM1 e:. Ini merupakan bagian dari komitmen AHM untuk merilis tujuh model motor listrik secara bertahap di Indonesia hingga tahun 2030.


“Tahun ini ada dua model, EM1 dan EM1 plus. Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, dua model tahun ini, mudah-mudahan dua model (baru) di tahun depan. Saat ini ada 7 model yang sudah kita umumkan tahun lalu (2022),” ungkap Thomas beberapa waktu lalu.


Meski merencanakan tujuh model, Thomas tidak menutup kemungkinan Honda akan membawa lebih banyak motor listrik ke Indonesia, tergantung pada permintaan pasar yang akan dinilai dan disesuaikan secara cermat.


“Sambil melihat demand dan pasarnya seperti apa di sini. Bisa saja dari rencana 7 model itu bisa berkembang menjadi lebih banyak lagi,” tambahnya.(BY)