Musrenbang Kecamatan Lengayang, Usulkan Proyek Skala Prioritas -->

Iklan Atas

Musrenbang Kecamatan Lengayang, Usulkan Proyek Skala Prioritas

Wandi
Kamis, 01 Februari 2024


.


Painan, fajarsumbar.com-Acara Musrenbang kecamatan Lengayang digelar hari ini Kamis (1/2) bertempat di gedung UDKP Camat Lengayang lancar.


Acara yang di gelar tepat pada jam 9.00wib tersebut dibuka langsung oleh Camat Lengayang Alpriyendri S.P dan dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Zarpi Deson SH, Anggota DPRD Pessel,Yusli Mardan, Ermiwati dan Herman sawar,Forkopimca Kecamatan Lengayang, Walinagari se Kecamatan Lengayang, Kepala UPT se  Kecamatan Lengayang,Bamus, sedangkan dari Kabupaten hadir Asisten 3 bidang administrasi umum,OPD ,dan Bappedalitbang.


Kegiatan Musrenbang kecamatan Lengayang kali ini bertemakan "Penurunan Kemiskinan dan Stunting melalui pembangunan inklusif dan pemantapan industri pangan lokal yang berdaya saing .


Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Drs Rusma Yul Anwar dalam sambutannya menyampaikan persoalan Kabupaten Pesisir tidak akan bisa diselesaikan oleh Bupati tapi butuh sinergitas dari seluruh unsur terkait baik eksekutif maupun legislatif.

Kedepannya Peningkatan sumber daya manusia adalah hal yang sangat diperlukan karena sumber daya manusia sangat menentukan kemajuan suatu bangsa dan 8ni adalah investasi masa depan.


"Saya bisa mencontohkan seperti Negara tetangga kita seperti Singapura, Singapura adalah Negara Kecil yang sangat minim sumber daya alam tapi mengapa mereka bisa maju karena sumber daya manusianya yang sangat baik dan kita harus bisa mencontoh kalau kita ingin maju," ungkapnya.


Asisten 3 bidang administrasi umum Emerda Siswati,SE,MM mewakili Bupati Pessel memberikan sambutan bahwa kegiatan Musrenbang kecamatan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang memang harus di laksanakan walaupun usulan pada tahun kemarin apa yang menjadi keinginan masyarakat belum terlaksana maka kita harus sabar dan tidak putus asa dalam memberikan usulan karena hal ini tentang perencanaan keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Pesisir Selatan.


Camat Lengayang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang kecamatan pada hari ini adalah menentukan skala prioritas yang sudah didahului dengan kegiatan pra Musrenbang yang digelar kemaren bersama Nagari dan Bamus.


Lebih lanjut Camat Lengayang dalam sambutannya mengatakan "kami sangat peduli dengan penurunan angka Stunting dan pengentasan kemiskinan dan juga berharap agar Rumah Dinas Camat Lengayang yang sudah tidak layak huni agar mendapatkan sentuhan dari Dana APBD Kabupaten dan juga Kantor Walinagari Lakitan Timur yang memang sudah tidak layak dijadikan Kantor Walinagari.


Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari fraksi Golkar Zarpi Deson SH memberikan sambutan "Saya berharap kepada Tim penyusun kabupaten marilah kita melihat secara kasat mata mana kegiatan pembangunan di kecamatan Lengayang yang sangat prioritas ,dan berharap agar anggota DPRD Pessel untuk mengawal di kabupaten dan untuk pengawalan di provinsi saya juga siap  mengawal dan saya menyumbang 1 juta untuk kegiatan penanggulangan Stunting,"ucapnya .


Anggota DPRD Pessel H.Herman Sawar mengharapkan agar kedatangan ke acara Musrenbang ini adalah penyamaan persepsi dan hal hal kegiatan pembangunan harus kita sikapi dengan serius," Saya heran tadi asisten 3 mengatakan bahwa kegiatan pembangunan meningkat,tapi kemiskinan juga meningkat ini ada apa? Ini harus kita sikapi dengan baik dan saya berharap mudah mudahan kedepannya Lengayang berjalan."tutupnya.


Mewakili keterwakilan perempuan Anggota DPRD Pessel Ermiwati mengatakan bahwa berbagai dinamika yang kita alami dalam memperjuangkan kepentingan perempuan dan berharap di perencanaan pembangunan 2024 kita harus bisa memperjuangkan Perempuan terutama penomena yang sangat mengkhawatirkan saat ini dimana hampir seluruh perempuan di kabupaten Pesisir Selatan terbelit hutang terutama mekar,kewer kewer pinjaman online dll sehingga ini sudah sangat mengkhawatirkan di kabupaten Pesisir Selatan, Saya berharap agar pemerintah juga ikut berperan untuk meminimalisir keadaan tersebut "ungkapnya.


Hasil kegiatan Musrenbang kecamatan ini akan ditindaklanjuti dengan Musrenbang Kabupaten dan penetapan tersebut harus harmonisasi dengan RKPD Kabupaten Pesisir Selatan dan terakhir akan dilanjutkan ke tingkat Provinsi Sumatera Barat.


Acara Musrenbang kecamatan Lengayang kali ini juga mendapatkan kejutan yaitu dengan tampilnya Hafizah cilik dari SDN 26 Tarok Nagari Lakitan Zahra tuljannah yang membacakan ayat suci Alquran dengan indah dan merdu (Wandi)