Otoritas IKN dan Canberra Australia Berkolaborasi untuk Pembangunan Ibu Kota -->

Iklan Atas

Otoritas IKN dan Canberra Australia Berkolaborasi untuk Pembangunan Ibu Kota

Rabu, 28 Februari 2024

IKN Nusantara gandeng Otorita Canberra untuk pengembangan Ibu Kota


Jakarta - Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) telah menjalin kerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Canberra, Australia, terkait pembangunan ibu kota.


Bambang Susantono, Kepala Otoritas IKN, menyatakan bahwa ini merupakan langkah baru bagi mereka bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Canberra. Mereka berharap adanya pertukaran pengetahuan, terutama dalam hal-hal yang spesifik bagi kedua kota.


Kerja sama ini mencakup berbagai aspek, seperti pembangunan, promosi, dan upaya membangun kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Canberra, dengan pengalaman dalam perencanaan dan manajemen perkotaan, dianggap sebagai mitra pembangunan yang potensial bagi Nusantara.


Sally Barnes, CEO National Capital Authority of Australia, menyambut baik kerja sama ini dengan Otoritas IKN. Dia menyatakan bahwa pembangunan Nusantara dengan konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan sangat menarik di era abad ke-21, dan akan mendapatkan dukungan luas dari masyarakat, termasuk pihak mereka.


Barnes juga mengungkapkan harapannya untuk dapat belajar banyak tentang pembangunan berkelanjutan dan pintar yang sedang digalakkan oleh Otoritas IKN.


Steve Scott, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, juga melihat bahwa kerja sama antara kedua negara ini akan saling menguntungkan, mengingat bahwa Indonesia-Australia telah banyak berkolaborasi dalam berbagai bidang. Dia menegaskan komitmen Australia dalam mendukung upaya pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan di Indonesia. Selain itu, mereka juga berharap dapat membantu membangun institusi pendidikan, seperti yang dilakukan dengan pembangunan Central Queensland University di Balikpapan.(BY)