Pabrik Kelapa Sawit Berdiri di Aia Tajun Lubuak Aluang, Bupati Padang Pariaman Terus Dukung Investor -->

Iklan Atas

Pabrik Kelapa Sawit Berdiri di Aia Tajun Lubuak Aluang, Bupati Padang Pariaman Terus Dukung Investor

Selasa, 13 Februari 2024
Bupati Suhatri Bur bersama unsur Forkopimda dan investor PT Kaka Ade Berkah usai peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di Aia Tajun Lubuak Aluang, Padang Pariaman, Senin 12 Februari 2024 (foto.doc.ikp)



Lubuak Aluang - Kegiatan peletakan batu pertama pendirian Pabrik Kelapa Sawit Mini ini, menandai adanya dukungan masyarakat Padang Pariaman untuk meningkatkan investasi, khususnya di sektor kelapa sawit.


Hal itu disampaikan Bupati Suhatri Bur dalam sambutannya ketika peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Mini PT. Kaka Ade Berkah di Aia Tajun, Nagari Aia Tajun Lubuak Aluang, Padang Pariaman, Senin (12/2/2024).


"Dengan dimulainya pembangunan PKS di Padang Pariaman diharapkan mampu menjadi sarana penampung bagi para petani kelapa sawit" ucap Bupati Suhatri Bur.


Selain menjadi penampung bagi para petani kelapa sawit, sambungnya, juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Tentu akan dapat menekan angka pengangguran. Hal demikian, roda perekonomian di daerah akan bertumbuh pesat pula.


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada anak muda yang cerdas. Berdirinya pabrik ini, juga membuka peluang bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ungkapnya.


Bupati Suhatri Bur juga meminta kepada Dinas terkait seperti DPMPTP dan DLH untuk bisa membantu dalam proses pengurusan izin pembangunan pabrik kelapa sawait mini dengan kapasitas 10 ton per jam itu.


Sementara itu, Direktur PT. Kakak Ade Berkah, Ade Arinando mengatakan, tujuan didirikannya Pabrik Kelapa Sawit Mini ini untuk mewujudkan pemerataan kapasitas dan kuantitas sawit di Padang Pariaman, mengingat sawit merupakan komuniti unggulan daerah. 


"Insya Allah, pabrik ini bisa memproduksi 200 ton dalam sehari. Tentu, juga membutuhkan tenaga kerja yang akan kita rekrut dan kita utamakan masyarakat Aia Tajun," ungkapnya.


Dalam acara itu, juga dihadiri Kapolres Padang Pariaman, Dandim 0308 Pariaman , Asisten Pemerintahan, Plt Kepala DPMPTP, Kepala Dinas PUPR, Pimpinan Bank Nagari Lubuk Alung, Camat dan Wali Nagari se Kecamatan Lubuk Alung, tokoh masyarakat dan para Undangan lainnya.(rsaco).