Panduan Harga Kost di Bali, Dari Terjangkau hingga Mewah -->

Iklan Atas

Panduan Harga Kost di Bali, Dari Terjangkau hingga Mewah

Jumat, 09 Februari 2024

Ilustrasi harga kos-kosan di Bali


Jakarta - Melihat rentang harga kos-kosan di Bali yang saat ini menjadi incaran banyak perantau. Terlebih, Bali menjadi salah satu destinasi utama bagi para migran yang mencari pekerjaan serta turut berkontribusi dalam perekonomian Indonesia.


Oleh karena itu, penting untuk mencari tempat tinggal saat bekerja di Bali. Terutama karena ada beragam harga kos-kosan di Bali, mulai dari yang terjangkau hingga yang mewah.


Lalu, berapa harga kos-kosan di Bali? Harga termurah biasanya berkisar antara Rp400.000 hingga Rp5.000.000. Kos-kosan termurah biasanya memiliki fasilitas kamar mandi terpisah dan tanpa AC. Sementara yang termahal dilengkapi dengan AC, kulkas, dapur, ruangan luas, dan kamar mandi bersama.


Jika Anda ingin tinggal bersama beberapa teman di Bali, lebih baik memilih kos atau rumah kontrak. Biaya sewa kost dan rumah kontrak biasanya lebih terjangkau karena dihitung per bulan atau bahkan per tahun.


Perlu diketahui, Upah Minimum Provinsi (UMP) Bali tahun 2024 adalah Rp2.813.672 dengan Upah Minimum Kota (UMK) tertinggi di Kabupaten Badung, mencapai Rp3.318.628.


Dengan informasi tersebut, Anda dapat memperkirakan bahwa biaya hidup di Bali seharusnya tidak seberapa dibandingkan dengan kota-kota lain seperti Jakarta, Bekasi, atau Surabaya yang memiliki UMP lebih tinggi.


Jadi, jika Anda memutuskan untuk bekerja di Bali dengan sistem work from office atau work from Bali karena bekerja secara remote, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya hidup yang tinggi.

Bali juga masih memiliki angkutan umum seperti angkot yang dapat dimanfaatkan untuk bepergian ke berbagai tempat.


Namun, jumlah angkot tersebut sangat terbatas dan sulit untuk ditemukan. Di Denpasar mungkin masih mudah ditemui, tetapi di daerah lain akan sulit.


Mayoritas masyarakat Bali menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Jika Anda berencana menetap di Bali untuk jangka waktu yang lama, lebih baik kirimkan motor dari rumah. Atau jika hanya tinggal sebulan atau dua bulan, menyewa motor adalah pilihan yang lebih baik.(BY)