PHK Massal, PayPal, eBay, Google, dan Amazon Berencana Memberhentikan Ribuan Karyawan -->

Iklan Atas

PHK Massal, PayPal, eBay, Google, dan Amazon Berencana Memberhentikan Ribuan Karyawan

Kamis, 01 Februari 2024

Paypal PHK massal karyawan


Jakarta - PayPal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 2.500 karyawan dengan alasan perlunya mendorong kemajuan teknologi baru. CEO Alex Chriss menekankan perlunya fokus dan efisiensi lebih besar, penerapan otomatisasi, serta konsolidasi teknologi untuk mengurangi kompleksitas dan duplikasi dalam seluruh organisasi.


Selain PayPal, eBay juga mengumumkan pemutusan hubungan kerja terhadap sekitar 1.000 karyawan atau sekitar 9% dari stafnya. Keputusan ini diambil dengan alasan lingkungan makroekonomi.


Google, di bawah kepemimpinan CEO Sundar Pichai, juga mengawali tahun baru dengan peringatan akan adanya PHK terhadap sekitar 12.000 karyawannya. Sementara Amazon berencana untuk melakukan pemangkasan sekitar 500 pekerja, termasuk di Twitch. Langkah ini diambil atas kekhawatiran terkait kerugian di Twitch dan setelah beberapa eksekutif puncak meninggalkan perusahaan dalam beberapa bulan terakhir.


Duolingo juga bergabung dengan daftar perusahaan teknologi yang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan memberhentikan sekitar 10% pekerja kontraknya, karena semakin bergantung pada kecerdasan buatan.


Data Layoffs.fyi mencatat bahwa hingga saat ini, 98 perusahaan teknologi telah melakukan PHK terhadap lebih dari 25.000 karyawan pada tahun 2024. Sementara pada tahun sebelumnya, tercatat 262.595 pemutusan hubungan kerja di lebih dari 1.100 perusahaan, menurut basis data.(BY)