Posko Siaga Marapi agar Utamakan Keselamatan -->

Iklan Atas

Posko Siaga Marapi agar Utamakan Keselamatan

Jumat, 09 Februari 2024

 

Sejumlah petugas yang siaga di salah satu Posko Erupsi Gunung Marapi.

Padang Panjang, fajarsumbar.com -Personel Posko Siaga Marapi, diingatkan untuk mengutamakan keselamatan saat menjalankan tugas. 


"angan lupa melaporkan dan memberikan informasi yang akurat dan update setiap harinya terkait perkembangan erupsi Marapi," kata Pj. Walikota Padang Panjang ketika meninjau Posko Utama Siaga Marapi, Kamis (8/2).


Dalam menjalankan tugas diingatkan untuk memastikan keselamatan personel posko, baru kemudian memberikan pertolongan kepada masyarakat. 


Kepala BPBD Kesbangpol Padang Panjang, I Putu Venda, S.STP, M.Si menyampaikan, operasional posko ini melibatkan petugas piket yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Dapur Umum Tagana, PMI, SAR dengan penanggung jawab dari BPBD.


"Pendirian posko ini berdasarkan instruksi BNPB kepada empat kabupaten/kota yang berpotensi terdampak erupsi Marapi. Seperti Kabupaten Agam Tanah Datar, Kota Bukittinggi dan Padang Panjang," jelasnya.


Khusus untuk Padang Panjang, kata Venda, ada tiga posko. Satu posko utama di Kantor BPBD. Lalu posko di depan RSUD dan di depan Menyala Caffe Bukit Surungan.


Selama masih ada aktivitas Marapi posko ini akan terus beroperasi memantau aktivitas gunung api yang erupsi sejak 3 Desember 2023 itu. (syam)