Pramuka Bisa Jadi Wadah Pembinaan Generasi Muda Agar Memiliki Kemampuan dan Keterampilan -->

Iklan Atas

Pramuka Bisa Jadi Wadah Pembinaan Generasi Muda Agar Memiliki Kemampuan dan Keterampilan

Wandi
Kamis, 01 Februari 2024
Bupati, Wakil Bupati, Ketua Kwarcab, TP PKK, GOW foto bersama dengan pserta kema bakti.  (Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Bupati Solok Selatan, sekaligus Kamabigus Kwarcab 03-19 Pramuka Solok Selatan, buka kegiatan Kemah Bakti Pramuka.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua umum Kwarcab 03-19 Pramuka Solok Selatan Zigo Rolanda beserta penguris, kepala OPD, kegiatan berlangsung di lapangan sepak bola Sungai Kunyik Barat. Kamis (2/2/2024). 


Selain pembukaan Kemah Bakti yang dibuka langsung oleh Bupati Solok Selatan, juga diadakan acara oenuerahan bantuan beras cadangan pangan, untuk masyarakat penerima manfaat kecamatan Sangir Balai Janggo. 


Ketua umum Kwarcab Zigo Rolanda dalam sambutannya dihadapan tunas muda harapan bangsa mengatakan. Dalam acara pembukaan Latihan Gabungan dan Kemah Bakti Pramuka ini. 


Saya ingin sedikit memberi motivasi pada Adik-adik semua tentang hakekat kehidupan apalagi sebagai anggota pramuka, dimana hidup kita ini hendaknya dapat memberi manfaat pada orang lain. 


Dedikasikan hidup kita ini untuk kemaslahatan orang banyak, karena masih banyak masyarakat dilingkungan kita yang masih hidup serba kekurangan.


Oleh karena itu sebagai generasi muda, apalagi sebagai anggota pramuka saya berharap agar adik-adik pramuka harus menjadi pelopor dalam berbuat untuk kebaikan orang banyak dan juga untuk lingkungan sekitar kita. 


Sementata itu Bupati Solok Selatan Khairunas dalam sambutannya mengatakan, saat ini Kabupaten Solok Selatan sedang membangun kolaborasi bersama dengan tujuan, setiap program pemerintah itu selalu berpihak pada masyarakat, setidaknya untuk peningkatan perekonomian. 


Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Solok Selatan, Saya mengucapkan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia melalui Badan Pangan Nasional yang telah memberikan bantuan pangan kepada masyarakat khususnya kepada masyarakat Kabupaten Solok Selatan, dan diakui bahwa program ini bukan program bupati dan wakil bupati, seperti apa yang disalah artikan oleh segelintir orang. 


Tak lupa pula saya sampaikan apresiasi kepada PT. Pos Indonesia yang telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam penyaluran bantuan pangan ini, sehingga dapat diterima serta dimanfaatkan oleh masyarakat.


Selama beberapa bulan yang lalu, kita telah menyalurkan bantuan pangan ini, sebagai salah satu upaya untuk melakukan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi serta meringankan beban masyarakat.


Untuk tahap pertama pada tahun 2024 ini, kita Kabupaten Solok Selatan mendapatkan bantuan sebanyak 12.105 (Dua Belas Ribu Seratus Lima) Keluarga Penerima Manfaat.  Khusus untuk kecamatan Sangir Balai Janggo sebanyak 833 Keluarga Penerima Manfaat.


Saya berharap mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban para penerima manfaat selama beberapa waktu kedepan. Apalagi menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri, harga bahan pokok cenderung naik. 


Kepada Camat, Wali Nagari, Wali Jorong agar betul-betul mendata dan melakukan Validasi agar yang menerima bantuan adalah masyarakat yang betul-betul sesuai dengan kriteria yang disyaratkan sebagai penerima manfaat. 


Karena Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah akan terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk lainnya tentu yang terpenting adalah data penerima pada masing-masing Jorong, Nagari hingga Kecamatan.


Terkait dengan Kemah Bakti Pramuka, kami ucapkan terimakasih kepada segenap panitia yang telah bekerja untuk mempersiapkan kegiatan ini, selanjutnya terimakasih kepada sekolah yang telah berpatisipasi pada kegiatan kemah bakti ini.


Kita semua mengetahui bahwa gerakan pramuka bisa menjadi wadah pembinaan generasi muda agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang disiapkan menjadi kader atau generasi masa depan kita untuk pembangunan. 


Setiap anggota pramuka dididik untuk mempunyai karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada, bahkan untuk masa yang akan datang. 


Banyak hikmah yang dapat dipetik dengan mengikuti kegiatan pramuka, terutama kegiatan perkemahan, diantaranya menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong dengan etika dan moral yang baik. tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.


Saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan kemah bakti kepada para peserta, ikuti semua rangkaian dengan sebaik-baiknya, agar pengalaman yang didapatkan selama pelaksanaan kegiatan ini, dapat diterapkan pada kehidupan ananda sekalian.


Kepada panitia saya berpesan agar menjalankan kegiatan sesuai dengan prosedur, utamakan keselamatan bagi para peserta. 


"Lakukan pengawasan dengan sebaik-baiknya, agar kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar hingga penutupan nantinya," ajak Khairunas. (Abg