Presiden Hadiri HPN 2024 di Jakarta, Jokowi; wartawan Indonesia Semakin Kuat -->

Iklan Atas

Presiden Hadiri HPN 2024 di Jakarta, Jokowi; wartawan Indonesia Semakin Kuat

Selasa, 20 Februari 2024
Presiden Joko Widodo.


Jakarta, fajarsumbar.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa 20 Februari 2024. Kedatangan Jokowi dan rombongan pukul 16.00 WIB.


Turut hadir dalam acara tersebut adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.


Hari Pers Nasional, yang diperingati setiap tanggal 9 Februari, merupakan salah satu momen penting bagi jurnalisme di Indonesia. Peringatan ini juga sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) yang didirikan pada tahun 1946.


Keberadaan wartawan Indonesia menjadi semakin kuat dalam memainkan peranannya dalam mewujudkan kemerdekaan dan sebagai penopang demokrasi. HPN juga merupakan penghargaan bagi semua individu di bidang pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.


Peringatan HPN berasal dari hasil Kongres PWI ke-28 yang diselenggarakan di Padang pada tahun 1978. Pada awalnya, ide ini muncul dari para tokoh pers yang ingin memperingati peran pers Indonesia dalam skala nasional.


Tujuh tahun setelahnya, tanggal 9 Februari resmi ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional, merayakan kelahiran PWI. Hal ini dituangkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985. Hingga saat ini, tanggal tersebut diperingati sebagai HPN dan HUT PWI.


Resort Putri Duyung, Ancol.


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga turut serta dalam memeriahkan Hari Pers Nasional 2024 dengan berbagai kegiatan menarik. Ini termasuk seminar hybrid yang membahas peran pers dalam demokrasi di era digital dan acara puncak di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 17-20 Februari 2024.


Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, menyatakan dukungan Pemprov DKI Jakarta terhadap kebebasan pers yang adil, bertanggung jawab, dan melindungi hak-hak wartawan. Sinergi antara pemerintah dan media sangat penting dalam membentuk masyarakat yang demokratis dan terinformasi.


Dia berharap bahwa media dan wartawan dapat menyampaikan informasi dengan kredibilitas dan tanggung jawab, serta menjadi saluran yang baik untuk aspirasi masyarakat.


"Mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2024," ungkap Sigit.


Pers bukan hanya sebagai pengirim informasi, tetapi juga merupakan pilar demokrasi yang mencerahkan dan menjaga keutuhan bangsa. "Semoga konvensi berjalan lancar. Selamat Hari Pers Nasional. Tetap berjaya bagi seluruh wartawan Indonesia," tambah Sigit.


230 Wartawan Sumbar Hadiri HPN 2024 di Jakarta

Semantara itu sebanyak 230 wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dari Sumatera Barat ikut ambil bagian memeriahkan HPN yang dimulai sejak Sabtu (17/2) siang. Mereka mengikuti serangkaian kegiatan yang sejalan dengan Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2024.


Plt Ketua PWI Sumatera Barat, Widya Navies, yang didampingi Sekretaris Firdaus Abie, menjelaskan bahwa jumlah tersebut terdiri dari anggota PWI Sumatera Barat yang berangkat berdasarkan koordinasi antara pengurus PWI Sumatera Barat dan PWI Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.


Para wartawan ini akan mengikuti berbagai kegiatan yang telah dimulai sejak Sabtu siang. Acara puncak dijadwalkan berlangsung di Ancol pada Selasa (20/2) yang direncanakan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.


Di antara rangkaian kegiatan yang telah berlangsung adalah seminar tentang masa depan Jakarta pasca Implementasi Kebijakan Kerja Nasional (IKN), tantangan lingkungan, dan kompetisi global kota. Selain itu, juga diadakan Silaturrahmi Wartawati Indonesia (SIWI), penanaman mangrove, Rakernas SIWO, serta seminar mengenai menjaga tradisi emas Olimpiade dan pertemuan antara Dewan Kerja (DK) dengan Dewan Kehormatan Pers (DKP) se-Indonesia.


Pada hari Minggu (18/2), agenda dimulai dengan seminar "Selamatkan Bumi Melalui Prinsip Environmental Social Governance (ESG)" yang dihadiri oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya. Dilanjutkan dengan Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) yang membahas program kerja PWI ke depan serta hal-hal yang berkaitan dengan organisasi PWI di masa mendatang.


Selain agenda PWI, Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) juga telah menyiapkan sejumlah agenda yang berkaitan erat dengan tuntutan dan tantangan bagi organisasi IKWI ke depan.(ab)