Rustam Warga Nagari Padang Magek Dapat Bantuan Rehab Rumah dari TP-PKK Tanah Datar -->

Iklan Atas

Rustam Warga Nagari Padang Magek Dapat Bantuan Rehab Rumah dari TP-PKK Tanah Datar

Selasa, 13 Februari 2024

Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise menyerahkan secara simbolis bantuan rehab rumah untuk keluarga Rustam, di Nagari Padang Magek

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Suatu keberkahan bagi keluarga Rustam warga Jorong Guguak Baruah, Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, pasalnya keluarga pra-sejahtera yang tiga orang anggota keluarganya juga mengalami cacat permanen ini, menerima bantuan rehab rumah dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar, Senin (12/2/24).


Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra yang langsung mengantarkan bantuan biaya rehab rumah Pak Rustam tersebut mengatakan, Pak Rustam merupakan keluarga yang kurang mampu dan tinggal di rumah yang sangat sederhana, tidak memiliki sanitasi air bersih, hanya mengandalkan aliran air atau sungai di samping rumahnya untuk kebutuhan air bersih dan MCK.


"Berawal dari anjang sana TP-PKK ke kediaman Pak Rustam pada tahun 2023 yang lalu, Kami lihat kondisi rumah yang sangat memprihatinkan dan juga tiga anggota keluarganya mengalami cacat permanen, dari situ kami TP-PKK berinisiasi menggalang dana untuk rehab rumah pak Rustam ini," ujarnya.


Dikatakan Ny. Lise, saat ini ketika kembali datang mengunjungi keluarga pak Rustam, Alhamdulillah rumahnya sudah terlihat bersih dan rapi, namun masih belum memiliki sarana air bersih dan MCK.


"Saat ini kita datang melihat kondisi rumah pak Rustam sudah terlihat lebih baik, karena banyak juga yang peduli, namun masih belum memiliki sanitasi air bersih dan tempat MCK, sementara Pemkab Tanah Datar terus berupaya mencegah dan menurunkan angka stunting, salah satu faktor penyebab stunting ini ya kurangnya sanitasi air bersih, dari itu kita dari TP-PKK akan berusaha mambantu," ucap Lise.


Ny. Lise menyebutkan guna membantu keluarga pak Rustam ini, dari upaya penggalangan dana yang dilakukan, dimana sumbangan donasi dari Bupati Tanah Datar yang juga selaku Pembina TP-PKK sebesar Rp10 juta, Ketua TP-PKK Rp10 juta, Pengurus TP-PKK kabupaten Rp5.150.000, maka terkumpulah donasi sebesar Rp25.150.000, yang hari ini langsung diserahkan kepada keluarga pak Rustam.


Sementara itu, Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal yang mewakili keluarga pak Rustam, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar, Ketua TP-PKK beserta pengurus, yang telah berdonasi dan memberikan bantuan bagi keluarga pak Rustam.


Syafril Jamal katakan, dari pemerintahan nagari bantuan-bantuan juga diberikan kepada pak Rustam, mengingat kondisi pak Rustam dan keluarga yang memang sangat memerlukan uluran tangan.


Terkait bantuan dari TP-PKK ini dikatakan Syafril Jamal, akan dipergunakan untuk pembangunan kamar mandi, WC, septic tank, sumur gali dan tangki penampungan air bersih.


Pada saat tersebut, Ketua TPPKK Ny. Lise juga memberikan bantuan sembako, berupa beras, telur, minyak goreng dan beberapa paket lainnya kepada keluarga pak Rustam.


Turut mendampingi pada saat penyerahan bantuan tersebut Camat Rambatan Roza Melfita, Forkopimca, Kepala Puskesmas Rambatan, Wali Jorong Guguak Baruah dan beberapa tokoh masyarakat. (F12)