Toyota GR Yaris Facelift Resmi Diluncurkan, Peningkatan Signifikan dan Fitur Baru -->

Iklan Atas

Toyota GR Yaris Facelift Resmi Diluncurkan, Peningkatan Signifikan dan Fitur Baru

Jumat, 09 Februari 2024

Toyota GR Yaris facelift.


TOKYO - Toyota telah meluncurkan versi facelift dari Toyota GR Yaris di Tokyo Auto Salon 2024. Banyak perubahan yang terlihat pada mobil Toyota GR Yaris ini.


Dilansir oleh Topspeed pada Kamis (8/2/2024), Toyota Gazoo Racing (TGR) melakukan pembaruan tidak hanya pada tampilan luarnya saja, namun juga melibatkan bagian mekanis dan sasis yang diadaptasi dari mobil reli GR Yaris WRC mereka.


Toyota GR Yaris masih menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1,6 liter. Namun, tenaga telah ditingkatkan dari 272 menjadi 304 tenaga kuda dan torsi mencapai 400 Nm.


Salah satu perubahan paling signifikan pada GR Yaris adalah penambahan konverter torsi otomatis delapan kecepatan. TGR menyebutnya sebagai Transmisi Otomatis Langsung (DAT). Transmisi ini dikembangkan berdasarkan pengalaman reli dan diuji dalam berbagai event dan kondisi olahraga motor sebenarnya.


Transmisi otomatis ini tidak hanya bergantung pada penginderaan perilaku kendaraan seperti halnya transmisi otomatis pada umumnya. Namun, perangkat lunak DAT mampu mendeteksi cara pengemudi menginjak rem dan mengatur pedal gas.


Dengan begitu, transmisi ini dapat memprediksi perpindahan gigi yang diperlukan bahkan sebelum terjadi perubahan perilaku kendaraan. TGR menyebut bahwa hal ini akan meningkatkan pemilihan gigi secara otomatis.


Meski transmisi otomatis delapan kecepatan ditambahkan, masih tersedia pilihan transmisi manual enam percepatan. Selain itu, ada juga mode baru bernama Circuit Mode yang memaksimalkan potensi GR Yaris. Mode ini menambahkan kontrol anti-lag dan meningkatkan batas kecepatan saat memasuki sirkuit.


Perubahan pada struktur bodi mobil tidak terlalu signifikan. Di bagian luar, terdapat beberapa penyesuaian estetika pada Toyota GR Yaris 2024. Bemper depan kini memiliki saluran masuk udara yang lebih lebar dengan jaring baja yang dapat diganti jika rusak. Selain itu, ventilasi udara samping diperbesar untuk pendinginan rem yang lebih baik. Tambahan pendingin udara juga disematkan di bemper depan untuk mendukung transmisi otomatis delapan kecepatan baru.


Pada bagian belakang, bemper mengalami sedikit perubahan estetika, sementara lampu belakang LED telah direvisi baik dari segi estetika maupun posisi. Penambahan batang LED yang menghubungkan kedua lampu belakang memberikan tampilan yang lebih berbeda.


Dari segi interior, Toyota GR Yaris 2024 memiliki desain dasbor baru yang terinspirasi dari mobil reli WRC. Dasbor dirancang agar kontrol lebih mudah dijangkau oleh pengemudi. Selain itu, posisi tempat duduk dan tuas persneling disesuaikan agar lebih nyaman digunakan saat berkendara.


Pelanggan di Jepang dapat memilih rem parkir vertikal, yang akan memudahkan saat melakukan manuver menggunakan rem tangan.


Meskipun begitu, Toyota GR Yaris 2024 belum tersedia di Amerika Serikat. Namun, kemungkinan peningkatan mekanis ini juga akan diterapkan pada GR Corolla.(BY)