Transformasi Gaya Bermain Timnas Indonesia: Kepiawaian Shin Tae-yong -->

Iklan Atas

Transformasi Gaya Bermain Timnas Indonesia: Kepiawaian Shin Tae-yong

Sabtu, 03 Februari 2024

Shayne Pattynama saat Timnas Indonesia menghadapi Australia di 16 besar Piala Asia 2023


Fajarsumbar.id - Pemain sepak bola, Shayne Pattynama, mengakui bahwa Shin Tae-yong (STY) berhasil mengubah gaya bermain Timnas Indonesia menjadi lebih mirip dengan gaya permainan Eropa. Dia meyakini bahwa gaya bermain Timnas Indonesia akan terus berkembang di bawah bimbingan STY.


Prestasi bersejarah dicapai Timnas Indonesia dengan berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya pada edisi 2023. Namun, langkah Skuad Garuda harus terhenti setelah mengalami kekalahan dari Australia (0-4) di babak tersebut pada Minggu (28/1/2024) lalu.


Meskipun mengakui keunggulan Australia, Shayne menyatakan bahwa gaya bermain Timnas Indonesia terus berkembang. Berusia 25 tahun, dia menjelaskan bahwa kini Skuad Garuda telah mengadopsi gaya permainan ala Eropa di bawah arahan Shin Tae-yong.


"Dalam budaya bermainnya berbeda dengan sepak bola Eropa, tetapi saya banyak belajar. Secara pribadi, menurut saya ini adalah gaya Eropa, namun saya mempelajari gaya bermain yang berbeda dengan menggabungkan instruksi dari pelatih Shin Tae-yong. Ini adalah sesuatu yang positif," ujar Shayne seperti yang dilansir dari Inter Football KR pada Jumat (2/2/2024).


"Bagi saya, sangat positif untuk belajar dan berkembang dengan cara yang berbeda," tambahnya.


Lebih lanjut, Shayne yakin bahwa Timnas Indonesia akan terus berkembang di bawah kepemimpinan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Baginya, turnamen Piala Asia 2023 adalah langkah awal yang baik untuk menguji kemampuan Skuad Garuda.


"Kami baru saja memulainya," kata Shayne.


"Melalui kompetisi ini, kami mendapatkan kepercayaan diri. Seperti yang dikatakan pelatih Shin Tae-yong, kami akan menjadi lebih baik dan siap bersaing dengan yang terbaik. Saya memiliki pandangan positif tentang itu," tambahnya.


Sementara itu, Shayne Pattynama baru-baru ini direkrut oleh klub Belgia, KAS Eupen. Mantan pemain Viking FK itu akan bergabung dengan Sandy Walsh (KV Mechelen) di Liga Belgia 2023-2024.(BY)