Universitas Andalas Terima 7.505 Mahasiswa Baru untuk Tahun 2024 -->

Iklan Atas

Universitas Andalas Terima 7.505 Mahasiswa Baru untuk Tahun 2024

Jumat, 02 Februari 2024
Rektor Universitas Andalas (Unand), Efa Yonnedi memaparkan penerimaan mahasiswa.


Padang - Efa Yonnedi, Rektor Universitas Andalas (Unand), mengumumkan bahwa pada tahun 2024, jumlah mahasiswa baru yang diterima di kampus ini mencapai 7.505 orang melalui tiga jalur berbeda.


Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi pers Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unand pada Kamis (1/2/2024) siang.


Menurut Efa, sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), Unand diwajibkan mengalokasikan kuota minimum 20 persen untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 40 persen untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan 30 persen melalui jalur mandiri.


"Untuk SNBT, alokasi minimum kami adalah 30 persen, sementara seleksi mandiri memiliki batas maksimum 50 persen," ujar Efa.


Calon mahasiswa yang memilih jalur SNBP harus membuat akun SNPMB melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Registrasi akun SNPMB sekolah berlangsung dari 8 Januari 2024 hingga 8 Februari 2024, sedangkan registrasi akun SNPMB siswa berlangsung dari 8 Januari 2024 hingga 15 Februari 2024.


Efa menjelaskan bahwa seleksi SNBP didasarkan pada prestasi akademik yang dinilai dari rapor dan prestasi akademik dan non-akademik lainnya. Sekolah yang berpartisipasi dalam SNBP harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi rapor siswa yang memenuhi syarat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).


"Persyaratan untuk SNBP melibatkan NPSN sekolah, akreditasi A 40 persen terbaik, akreditasi B 25 persen terbaik, dan akreditasi C serta lainnya sebanyak lima persen terbaik. Siswa harus memenuhi persyaratan sebagai Warga Negara Indonesia dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)," tambahnya.


Efa juga menyoroti peraturan yang mengharuskan siswa yang dinyatakan lulus melalui SNBP 2023, 2024, dan SNMPTN 2022 untuk tidak dapat mendaftar SNBT 2024.


"SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun," tandasnya.


Bagi informasi lebih lanjut mengenai jalur PMB Unand, termasuk jadwal dan persyaratan, dapat dilihat di laman resmi https://pmb.unand.ac.id.(des)