Update Terbaru: Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Menuju Kota Tua -->

Iklan Atas

Update Terbaru: Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Menuju Kota Tua

Selasa, 20 Februari 2024

Progres MRT Fase II.


Jakarta - Proyek lanjutan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2A sedang giat dikerjakan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) beserta kontraktor yang terlibat di dalamnya. Sampai bulan Januari 2024, pembangunan MRT Fase 2A telah mencapai 31%.


Menurut Direktur Utama MRT Jakarta, Tuhiyat, panjang jalur MRT Fase 2 mencapai 6 kilometer, dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Kota Tua, Jakarta.


Secara keseluruhan, progres konstruksi proyek strategis nasional (PSN) di sektor transportasi ini mencapai 31%.


"Dalam Fase 2A hingga saat ini, terutama pada bulan Januari, panjang jalurnya mencapai 6 Km dari Bundaran HI hingga Kota, secara keseluruhan mencapai 31%," ujar Tuhiyat dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024).


Secara rinci, pembangunan dari Bundaran HI hingga Harmoni sudah mencapai 69%, dari Harmoni ke Mangga Besar sekitar 25%, dan dari Mangga Besar hingga Kota sekitar 45%.


"Namun, jika dibreakdown per segmen, segmen SP021 dari Bundaran HI hingga Harmoni mencapai sekitar 69%, lalu dari Harmoni hingga Mangga Besar sekitar 25%, dan dari Mangga Besar hingga Kota sekitar 45%," paparnya.


Fase 2A MRT Jakarta terdiri dari dua tahap. Pertama adalah fase 2A yang melibatkan jalur utama sepanjang sekitar 6 kilometer dengan enam stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, dan Glodok, serta satu stasiun di Kota Tua.


Kedua, fase 2B yang melibatkan Stasiun Kota, Mangga Dua, Gunung Sahari, Ancol, hingga Depo di Ancol Barat dengan panjang sekitar 5,2 kilometer. Fase 2B ini masih dalam tahap studi kelayakan.(des)