Warga Jorong Bukik Sikumpa Ucapkan Terimakasih Kepada Bupati Dan Tim TRC Atas Kepedulian Bangun Kembali Irigasi -->

Iklan Atas

Warga Jorong Bukik Sikumpa Ucapkan Terimakasih Kepada Bupati Dan Tim TRC Atas Kepedulian Bangun Kembali Irigasi

Wandi
Jumat, 02 Februari 2024
Satu unot alat berat persembahan pemda Solok Selatan untuk memperbaiki irigasi Bukit Sikumpa yang jebol oleh banjir. (Abg). 

Solsel, fajarsumbar.com - Puluhan Kepala Keluarga (KK) ratusan jiwa di Jorong Bukik Sikumpa, Nagari Pauh Duo Nan Batigo, Kecamatan Alam Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, (Sumbar) sujud syukur dan berterimakasih kepada Pemda Solok Selatan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan serta tim TRC BPBD Solok Selatan, Camat Pauh Duo. 

Yang telah serius memberikan bantuan perbaikan kepala banda ( Kepala Air Irigasi) yang kondisi Kapalo Banda rusak parah dan tidak bisa dialiri air, akibat dilanda banjir selama dua bulan lalu, sehingga warga merasa cemas tidak bisa lagi bekerja disawah, akibat air tidak mengalir lagi. 

Bak gayung bersambut, setelah mendapat laporan dari kepala jorong melalui wali nagari, bahwa daerah atau Jorong Bukik Sikumpa dilanda banjir dan merusak irigasi mereka, sehingga selama musim hujan puluhan hekyar sawah tidak bosa diolah seperti sedia kala. 

Bupati Solok Selatan, langsung membentuk tim dan memerintahkan camat, wali nagari untuk segera turun kelokasi, guna membantu masyarakat menanggulangi nemcana yang menimpa warga tersebut. 

Tidak memakan waktu lama, satu unit alat berat dikerahkan kelokasi untuk mengerjakan bekas banjir dan membuatkan kembali saluran air masuk keirigasi warga itu. 

Dalam dua hari saja tim yang terdiri dari BPBD, Pertanian, Camat, Wali Nagari, kepala Jorong dan sejumlah warga selesai mengerjakan bekas banjir bandang itu. 

Sejumlah warga Jorong Bukik Sikumpa melalui Camat Pauh Duo Aik Wadenko Jumat (2/2/2024) mengatakan. Pengerjaan irigari amblas polong buto Paninjauan Jorong Bukik Sikumpa menyampaikan rasa bangga dan terimakasih sebanyak banyaknya atas bantuan perhatian atas musibah bencana alam banjir yang melanda daerah Bukit Sikumpa sehingga warga sudah bisa bercocok tanam dan kesawah lagi. 

Sebelumnya mereka warga juga cemas, jika tidak ada perhatian dari pemda mengatasi bencana ini hingga beberapa minggu ledepan otomatis kami warga tidak bisa bercocok tanam apalagi akan menghadapi bulan puasa, namun hal terbalik pemeri tah dengan tanggap dalam waktu singkat bisa mengatasi bencana. 

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Nurhayati menambahkan, sejumlah warga di Bukit Sikumpa sidah tidak resah lagi untuk mengolah lahan pertanianya setelah pasca banjir melanda areal persawahan mereka, demgan putusnya aliran air masuk dilepala bandar, namun berkat kerja keras kita semua, warga disini sidah bisa kesawah lagi, apalagi aktifitas masyarakat mengolah sawah pada bulan puasa besok. 

Camat Aik Wadenko menambahkan, akibat bencana banjir dan sejumlah. longsor di lecamatan Pauh Duo ini, banyak lahan perkebunam, lahan sawah petani yang rusak dan terakhir ini di Bukik Sikumpa sudah siap diperbaiki, ucapan terimakasi banyak dari warga kami Pauh Duo atas upaya partisipasi seluruh tim posko TRC dan lainya.

"Ahamdulillah air  irigasi sudah masuak lagi  kasawah warga," ucap Aik bangga. 

Kepuasan masyarakat menjadi barometer kesuksesan tim yang terlibat, semga menjadi ladang amal atas kebaikan dan suportt yang di lakukan oleh tim kemanusian dan pimpinan. (Abg