Antisipasi Ketersediaan Ikan Selama Bulan Suci, Proyeksi KKP untuk Ramadhan dan Lebaran -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Antisipasi Ketersediaan Ikan Selama Bulan Suci, Proyeksi KKP untuk Ramadhan dan Lebaran

Sabtu, 09 Maret 2024

Stok Ikan untuk Puasa dan Lebaran Dipastikan Aman.


Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan bahwa pasokan ikan untuk Ramadhan dan Lebaran 2024 akan mencukupi. Berdasarkan analisis kebutuhan, diperkirakan permintaan ikan selama Maret dan April 2024 mencapai 2,46 juta ton. Sementara itu, ketersediaan ikan dalam periode tersebut diperkirakan sekitar 3,10 juta ton.


"Stok ikan aman. Kami juga memperkirakan adanya peningkatan permintaan sebesar 10% selama Ramadhan dan 20% menjelang Lebaran," ungkap Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo, dalam keterangan tertulisnya, pada Kamis (7/3/2024).


Peningkatan ini menunjukkan minat tinggi masyarakat untuk mengonsumsi ikan selama bulan Ramadhan. Selain mudah diolah dan memiliki harga yang terjangkau, ikan juga mudah ditemukan di berbagai pasar serta kaya akan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.


"Makan ikan saat berbuka atau sahur itu sederhana, sehat, dan hemat," katanya.


Berdasarkan penelitian praktisi pangan dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, Budi menyebutkan bahwa asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan seperti tuna, tenggiri, sarden, belut, bandeng, patin, dan jenis ikan lainnya dapat mengontrol rasa lapar dalam tubuh. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk terus mengonsumsi dan bangga makan ikan di bulan Ramadhan.


"Jadi, ikan bisa dinikmati baik saat sahur maupun berbuka, dengan harga yang terjangkau, dan bermanfaat karena menjadi sumber energi untuk beribadah di bulan penuh berkah," jelasnya.


Budi menjelaskan bahwa hasil survei lapangan terhadap sekitar 200 gudang beku dalam 2 bulan terakhir menunjukkan bahwa stok ikan aman. Bahkan pada awal bulan Januari, terjadi penumpukan pasokan di gudang beku dengan tingkat keterisian mencapai 70-100% dan harga mengalami penurunan.


Namun saat ini, pasokan mulai mengalir ke luar dengan meningkatnya permintaan menjelang Ramadhan, sehingga tingkat keterisian gudang beku berkisar antara 50-80% dengan harga kembali normal dan relatif stabil.


Stok ikan tangkapan yang tersimpan di gudang beku didominasi oleh lemadang sebesar 34,20%, diikuti oleh kerapu 21,74%, tuna 6,90%, gabus 4,11%, layang 3,06%, cumi-cumi 2,72%, kakap 2,71%, cakalang 2,56%, dan bandeng 1,86%.


Sementara itu, harga rata-rata per kilogram untuk beberapa jenis ikan adalah lemadang Rp27.444, kerapu Rp61.854, tuna Rp49.259, gabus Rp14.987, layang Rp18.760, cumi-cumi Rp64.923, kakap Rp60.082, dan bandeng Rp30.024.


Selain itu, ikan budidaya yang diminati saat Ramadhan dan Idul Fitri adalah udang, bandeng, gurame, dan nila.


"Jadi, kondisi stok ikan saat ini menjelang bulan Ramadhan hingga Lebaran dapat dipastikan mencukupi dengan harga yang terjangkau dan stabil," tutup Budi.(BY)