Belum Lama Diresmikan, Masjid Baitul Haq Terima Dana Hibah Rp30 Juta -->

Iklan Atas

Belum Lama Diresmikan, Masjid Baitul Haq Terima Dana Hibah Rp30 Juta

Selasa, 19 Maret 2024

 

Jemaah Masjid Baitul Haq ketika menerimanya kunjungan Tim Safari Ramadan  Senin (18/3) malam.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Dresmikan 6 Oktober 2023 lalu, Masjid Baitul Haq, Kelurahan Guguk Malintang Kecamatan Padang Panjang Timur menerima bantuan dana hibah dari Pemko Padang Panjang  Rp30 juta, Senin (18/3) malam.


Dana hibah tersebut diserahkan Tim Safari Ramadan (TSR) VI yang dipimpin Asisten I Setdako, Syahdanur, S.H, M.M didampingi perwakilan Pengadilan Negeri, anggota DPRD, Ka Rutan Kelas II B Padang Panjang, kepala OPD dan kepala Badan Pusat Statistik Bantuan diterima pembina Masjid Baitul Haq, Khalil Taj.


Syahdanur menyampaikan, TSR menyerahkan bantuan untuk dipergunakan dengan sebaiknya. Manfaatkanlah dana ini untuk pembangunan ataupun pengembangan masjid. 


"Mudah-mudahan, bantuan ini dapat membantu pembangunan masjid agar pembangunan yang terkendala bisa segera diselesaikan. Sehingga jemaah masjid lebih nyaman dan aman untuk beribadah di sini," katanya.


Syahdanur juga menyampaikan beberapa program unggulan pemko. Di antaranya bidang Pendidikan, melanjutkan program pemberian beasiswa untuk siswa dan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.


Pemko juga berkomitmen untuk terus menerus melakukan peningkatan layanan kesehatan, baik di Puskesmas maupun RSUD Padang Panjang.


"Untuk pengetahuan kita bersama, saat ini RSUD sudah memiliki ruangan perawatan intensif untuk bayi dengan kondisi khusus yang disebut NICU. Insyaallah dalam waktu dekat, NICU ini akan berfungsi secara penuh," katanya.


Sedangkan dalam bidang ekonomi, tambahnya, tengah mengupayakan mengendalikan inflasi di angka yang wajar. Ini memerlukan dukungan semua pihak, dalam bentuk peningkatan produksi, pengawasan jangan sampai ada penimbunan barang, kampanye belanja bijak dan stop boros pangan.


Untuk bidang keagamaan, ada Program Kampung Tahfiz, Magrib Mengaji dan pejuang Sbuh. Untuk lebih mensyiarkan Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekkah ini, pada 2024 bersama dengan DPRD telah disepakati diprogramkan pelaksanaan khatam Alquran serentak seluruh TPQ/TPSQ dengan pembiayaan dibantu melalui APBD. 


“Mudah-mudahan ini dapat meringankan beban orang tua santri dalam pelaksanaan khatam Alquran,” sebutnya.


Di bidang pelayanan masyarakat, tambah Syahdanur, pemko senantiasa berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Di antaranya Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (Paduko) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Layanan Persampahan dan Tim Penyelamat Saluran Kota atau Tim Panyasak pada Dinas Perkim LH, Layanan Lapor Wali Kota dan Rumah Aspirasi pada Inspektorat Kota, Layanan PSC 119 di Dinkes dan sebaginya.


Khalil Taj mengucapkan terima kasih kepada pemko yang telah menyerahkan dana hibah ini. “Insyaallah dana ini akan kami pergunakan untuk melanjutkan pembangunan masjid ini," katanya.


Khalil juga menceritakan sejarah awal pembangunan masjid ini. Didirikan secara gotong royong, baik dari pendanaannya, pekerja, semua dipersamakan. 


"Ini dulu musala dan kami mengumpulkan sedikit demi sedikit rezeki akhirnya terbangun dan berdirilah masjid ini," katanya. (syam)