Bupati Khairunas Berharap Gubernur Sumbar Perhatikan Jalan Rusak Alahan Panjang Satu Satu Akses Ke Solok Selatan -->

Iklan Atas

Bupati Khairunas Berharap Gubernur Sumbar Perhatikan Jalan Rusak Alahan Panjang Satu Satu Akses Ke Solok Selatan

Senin, 18 Maret 2024
Foto bersama, Gubernur Sumbar, anggota DPRD Provinsi, Bupati Solsel, unsur lainya, foto bersama dengan jemaah Masjid Jami'Al- Mukhlisin. (Abg



Solsel, fajarsumbar.com - Diguyur hujan lebat, tidak menyurutkan niat jemaah Masjid Jami' Al- Mukhlisin berdatangan ke rumah Allah untuk buka puasa dan tarwih bersama dengan rombongan tim Safari Ramadan gabungan tingkat Provinsi dan Kabupaten

Tim Safari Ramadan Provinsi Sumatera Barat Masjid Jami' Al-Mukhlisin Mudiak Lawe Barat, Nagari Sako Utara, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Sumbar). Senin (18/3/2024) 

Rombongan tim Safari Ramadan Provinsi Sumatera Barat diketuai oleh Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah beserta, turut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Nurfirmanwansyah. Apt. MM, Bupati Solok Selatan Khairunnas beserta jajaran. 

Bapak Gubernur sudah melewati jalan rusak di Nagari Aia Dingin Alahan Panjang, Kabupaten Solok, menuju Kabupaten Solok Selatan, bahkan sudah viral namun belum juga ada perhatian dari pemerintah pusat atau provinsi. 

Jalan utama Solok Selatan tidak ada yang rusak lagi, semua sidah mulus, hanya saja terkendala dari Alahan Panjang. 

Kalau kami yang langsung mengurus ke pemda Solok tidak pada tempatnya, hanya kepada Bapak Gubernur lah yang bisa menyampaikan hal ini baik kepada Bupati Solok maupun ke pusat, agar jalan menuju Solok Selatan tepatnya di Air Dingin Alahan bisa segera diperbaiki. 

Satu satunya akses penting bagi kami Solok Selatan dan Kabupaten Kerinci, bahkan Bapak Gubernur sudah merasakan dan melihat secara langsung kondisi jalan rusak itu. 

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan Khairunnas didepan Gubernur Sumbar saat Safari Ramadan di Nagari Sako Utara, Sungai Pagu

Selanjutnya Khairunnas berkesempatan menyampaikan sejumlah program programnya didepan ratusan jemaah. 

Realisasi program unggulan, kebijakan dan pembangunan yang telah dan akan dilakukan diantaranya Penyediaan seragam sekolah gratis di berbagai tingkat TK/PAUD, SD, SLTP, SLTA dan Madrasah dengan total 17.281 (Tujuh Belas Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Satu) stel seragam.

Program ini akan tetap dilanjutkan pada tahun ini, karena sudah disediakan anggaran sebesar 4,2 Milyar, tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan Beasiswa kepada 820 siswa SD dan SMP dengan total anggaran mencapai Rp. 512 Juta serta Bantuan Perguruan Tinggi bagi siswa berprestasi di tahun 2023 sebanyak 198 orang Mahasiswa yang berasal dari Solok Selatan. 

Pendirian rumah tahfiz yang saat ini berjumlah 379 dengan rincian sebanyak 274 rumah tahfiz binaan dan 105 Rumah tahfiz mandiri. Alhamdulillah tahun 2023 yang lalu guru tahfiz ini telah kita tingkatkan kesejahteraan nya, diberikan jaminan kesehatan dan jaminan keselamatan kerja.
Selama tiga tahun ini. 

Melalui program ini telah lahir lebih dari 20 ribu anak-anak kita para hafiz Quran.
Untuk anak-anak kita yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, kita juga telah bekerja sama dengan berbagai Universitas ternama di Sumatera Barat. 
Dan juga kita terus mendorong perkembangan Universitas yang ada di Kabupaten Solok Selatan yaitu Widyaswara Muara Labuh yang lulusannya juga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.

Sektor kesehatan, selama tahun 2023, capaian kepesertaan BPJS penduduk Solok Selatan menembus angka 95,93% dari total jumlah penduduk sebanyak 182.315 jiwa. 
Itu berati, kurang lebih sebanyak 174.887 penduduk Solok Selatan telah tercover Berselang meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan, kita juga terus mendekatkan pelayanan dan menghadirkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 Melalui program Puskesmas Sehatkan Nagari, Rumah Sakit melayani Nagari dan yang terbaru yaitu Mobilitas untuk pasien Hemodialisa atau cuci darah. 

Dengan program ini masyarakat akan dikunjungi langsung oleh petugas baik dari Puskesmas Maupun dari Rumah Sakit untuk diperiksa gangguan kesehatannya. 

Pada tahun 2023 kualitas layanan kita juga meningkat ditandai dengan peningkatan akreditasi RSUD Muara Labuh menjadi predikat Paripurna dan diikuti oleh 7 (tujuh) puskesmas di seluruh kecamatan terdiri dari 5 (Lima) puskesmas dengan predikat paripurna, serta 2 (dua) puskesmas dengan predikat Utama. 

Sebanyak 96 orang usia angkatan kerja yang dilatih serta pemberian 2000 (dua ribu) jaminan keselamatan kerja kepada pekerja rentan, pemberian bantuan sapi melalui Program SUKA SAPI pada tahun 2023 kita telah menyalurkan sebanyak 516 ekor Sapi kepada 31 kelompok.

Untuk peningkatan ekonomi kerakyatan, kita telah membina sebanyak 294 UMKM, dan memberikan bantuan berupa peralatan terhadap  504 UMKM, naik dari tahun sebelumnya yang baru dibantu 49 UMKM. 

Dalam hal menunjang percepatan layanan terutama dalam hal penyediaan infrastruktur dan penanganan kebencanaan pemerintah daerah telah memenuhi 4 (empat) dari 7 (enam) unit Ekskavator yang telah dijanjikan.

Melalui program satu kecamatan satu ekskavator ini, kita telah menangani Jalan antar Nagari dan antar Kecamatan sepanjang 56 Kilo Meter se Kabupaten Solok Selatan.
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah melakukan rehabilitasi terhadap 18 (Delapan Belas) Rumah Gadang dengan Anggaran sebesar Rp. 2 Milyar. 

Kita terus giat mempromosikan Hot Water Boom Sapan Maluluang, Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta Goa Batu Kapal sebagai destinasi wisata prioritas Kabupaten Solok Selatan. 

Pengembangan destinasi wisata tersebut diintegrasikan dengan beberapa Event & Festival seperti Festival Sarantau Sasurambi Balimau, Festival Durian, Car Free Day yang rutin diselenggarakan serta GASS (gowes adventure Solok Selatan) yang kedua kali dilaksanakan pada Desember Tahun 2023 yang lalu.

Menjadi salah satu event Gowes terbesar saat ini di Provinsi Sumatera Barat karena diikuti lebih dari 3000 pesepeda dan 200 klub sepeda. 

Kegiatan even-even ini diharapkan berdampak langsung terhadap pengembangan perekonomian masyarakat terutama kepada sektor UMKM di Solok Selatan.

Kecamatan Sungai Pagu merupakan Kecamatan yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dibandingkan beberapa kecamatan lainnya untuk terus mendorong perkembangan itu,  di Tahun 2024 ini. 

Pemerintah Daerah melanjutkan beberapa pembangunan infrastruktur pada Kecamatan Sungai Pagu diantaranya:
Pembangunan Videonya di Pusat pertembuhan, termasuk di RTH Muara Labuh dengan anggaran 3,5 Milyar. 

Peningkatan sarana dan prasarana dan infrastruktur layanan pendidikan sebesar 2,2 Milyar.
Peningkatan sarana dan prasaran RSUD  Solok Selatan sebesar Rp 4,3 Milyar. 

Peningkatan infrastruktur mitigasi bencana di melalui perkuatan tebing sungai di 5 lokasi dengan nilai sebesar Rp. 900 juta
Rehabilitasi dan perbaikan jaringan irigasi sebanyak 5 lokasi dengan nilai 500 Juta. 
Pembangunan drainase dan trotoar  sebesar 1 Milyar. 

Peningkatan dan rehabilitasi jalan lingkar dan permukiman sebanyak 20 paket  dengan nilai Rp 2,7 Milyar
Pengadaan lampu jalan Rp 120 Juta
Rehabilitasi Gedung Nasional Muara labuh 190 juta. 

Peningkatan sarana olah raga yaitu Rehabilitasi Pembangunan Tribun Lapangan Volly Sako Pasia dan Tribun Lapangan Bancah sebesar 448 juta.

Rehabilitasi Rumah Gadang Kampai Koto Baru SRG, Rumah Gadang Dt Sari Dirajo Sungai Pagu serta Rehab bangunan dan  Sarana Pendukung Kawasan Seribu Rumah Gadang dengan total Rp. 378 juta
Pendukung pelaksanaan event-event kebudayaan di Sungai Pagu sebesar Rp. 168 Juta. Rehabilitasi Balai Penyuluh KB Sungai Pagu sebesar 140 juta. 

Untuk menghubungkan pusat pertumbuhan, beberapa waktu lalu kita mengunjungi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, dan kita meminta agar Balai Jalan dapat membantu kita melakukan pelebaran jalan nasional dari Muara Labuh menuju Padang Aro, dari tahun 2023 yang lalu sudah kita mulai dan akan kita lanjutkan di tahun 2024 ini, demi  percepatan realisasi itu kami mohon dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

Yang harus Kita sadari bersama bahwa, pelaksanaan pembangunan daerah tidak akan dapat dilakukan oleh pemerintah daerah saja melalui APBD yang jumlahnya sangat terbatas. Saat ini komposisi APBD kita Kabupaten Solok Selatan yang cukup terbatas.

Untuk itu, melalui forum ini kami meminta dukungan, bantuan serta keterlibatan aktif dari seluruh unsur masyarakat, dunia usaha dan tentu juga bantuan-bantuan dari pihak eksternal.

Karena keterbatasan APBD kita juga melakukan filterisasi mana program dan kegiatan yang benar-benar prioritas yang akan kita laksanakan, namun sebagai pemerintah daerah kami terus berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat. 

Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo dalam sambutanya menyampaikan, kita sangat konsen dan serius untuk pemuda, karena pemuda saat ini adalah pemimpin ditengah masyarakat yang disebut dengan Melinial. 

Sejumlah daerah harus mempersiapkan generasi yang berkualitas, salah satunya adalah satu jorong satu rumah Tahfiz, dan satu satu kabupaten di Sumatera Barat melahirkan generasi Melinial disektor agama dan pemberian pakaian gratis untuk semua pelajar, tidak ketinggalan jajaran Kementrian Agama juga diperhatikan oleh Bupati Solok Selatan. 

6,6 Triliun itu adalah anggaran Dinas Pendidikan, Kesehatan, ini adalah bentuk keseriusan kita dengan generasi muda, kita tau hari ini adalah pemuda pemimpin masa depan. 

Adapun keluhan dari masyarakat Solok Selatan terkait jalan nasional di Alahan Panjang, usai Safari hari ini, besok pagi kami beserta rombongan akan meninjau lokasi jalan rusak yang menjadi problem bagi warga Solok Selatan. 

"Adanya rencana Pemda Solok Selatan Akan membuat jalan alternatif Solok Selatan Padang dari Sei Sungkai Dharmasraya, itulah yang sangat kita harapkan, membangun jalan di Utara dan membangun di Selatan, memang ada perlu pelebaran jalan," ucap Mahyeldi. 

Tahun ini pemerintah provinsi juga akan membangun Fly Offer Sitinjau Lawik Solok akan dikerjakan segera menunggu persetujuan pusat saja lagi.(Abg