Bupati Padang Pariaman Terima Bantuan Penanganan Darurat Bencana BNPB Pusat Senilai Rp 250 Juta -->

Iklan Atas

Bupati Padang Pariaman Terima Bantuan Penanganan Darurat Bencana BNPB Pusat Senilai Rp 250 Juta

Selasa, 12 Maret 2024
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur terima bantuan dari Kepala BNPB Pusat Letjen Suharyanto sebesar Rp 250 juta ketika Rakor dan Evaluasi Penanganan Banjir dan Longsor di Auditorium Kantor Gubernur Sumbar, Senin 11 Maret 2024 (foto.doc.ikp)


Padang - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S. Sos.M.M menyerahkan bantuan penanganan darurat bencana untuk Daerah Kabupaten Padang Pariaman sebesar Rp 250 juta.

 

Bantuan yang diserahkan Kepala BNPB Suharyanto kepada Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur itu saat melakukan kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Barat, sekaligus Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Banjir dan Longsor bertempat di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Senin (11/3/2024).


Dalam pertemuan tersebut, Suhatri Bur juga melaporkan kondisi bencana di Padang Pariaman kepada Kepala BNPB RI Letjen Suharyanto.


"Akibat banjir dan tanah longsor tersebut, setidaknya lebih dari 4.000  jiwa warga terdampak, korban jiwa sebanyak 3 Orang, lebih dari 974 unit rumah warga terendam banjir, dan lebih dari 334 Ha lahan pertanian terendam" ucap Bupati Suhatri Bur.


Kemudian, kata dia, lokasi banjir sekitar 62 titik, lokasi longsor lebih 38 titik, dan rusaknya infrastruktur jalan, jembatan, bangunan kesehatan, air bersih. Kesemuanya itu lebih dari 151 unit yang tersebar di 17 Kecamatan dan 52 Nagari.


Selanjutnya, Suhatri Bur atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Kepala BNPB. "Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Pusat melalui BNPB kepada masyarakat yang terkena musibah di Sumatera Barat, khususnya di Padang Pariaman" sebut dia. 


Usai Rapat Koordinasi dan Evaluasi penanganan bencana banjir dan longsor, juga penyerahan bantuan tersebut,  Sestama BNPB Rustian bersama Gubernur Mahyeldi didampingi Bupati Suhatri Bur, Sekda Rudy Repenaldi Rilis, langsung meninjau lokasi bencana di Korong Talao Mundam Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai.


Pada titik lokasi ini, meluapnya air sungai, dan tergerusnya pinggiran sungai. Sehingga menyebabkan beberapa rumah warga roboh dan hanyut. Setidaknya, terdapat 17 rumah yang runtuh terdampak banjir.


Dalam peninjauan ini, Bupati Suhatri Bur didampingi Sestama BNPB Rustian menyerahkan bantuan Operasional Posko Penanganan Darurat Bencana BNPB kepada warga. Bantuan berupa paket Sembako, Terpal, Susu, Pelampung dan Selimut.(rsaco)