Dua Saudara Difabel Dapat Rumah Baru dari Pemerintah Kota Padang -->

Iklan Atas

Dua Saudara Difabel Dapat Rumah Baru dari Pemerintah Kota Padang

Senin, 18 Maret 2024

Adik-kakak penyintas difabel di Padang mendapatkan rehabilitasi rumah 


Padang - Sebuah inisiatif di Padang mengambil perhatian terhadap dua saudara penderita difabel, Hendrik (26) dan Rahmat (30), yang telah dipilih untuk mengambil bagian dalam program "Malam Bersama Keluarga Wali Kota" yang disingkat sebagai "Semata".


Wali Kota Padang, Hendri Septa, secara pribadi menjemput keduanya di kediamannya di Jalan Bandar Pulau Paran, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat pada hari Minggu (17/3/2024) siang.


Setelah tiba di rumah Hendrik dan Rahmat, Hendri Septa menyaksikan kondisi yang memprihatinkan di rumah mereka. Lantainya sudah rusak, dindingnya mulai retak, dan atapnya bocor.


Hendrik dan Rahmat adalah yatim piatu. Ibunya sudah lama meninggalkan mereka, dan ayahnya telah meninggal. Sejak itu, Hendrik ditanggung oleh keluarga ayahnya dan para tetangga.


Hendrik mengalami gangguan pendengaran dan bicara, sedangkan Rahmat mengalami gangguan bicara. Keduanya saat ini bekerja apa saja yang bisa mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rahmat sudah menikah, dan istrinya sedang mengunjungi keluarganya karena sedang hamil.


Hendri Septa mengungkapkan bahwa melalui program "Semata", rumah Hendrik dan Rahmat akan direnovasi agar menjadi tempat tinggal yang layak. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang telah menyediakan dana sebesar Rp40 juta untuk membangun rumah baru.


"Hari ini kami melanjutkan program 'Semata' Jilid IV. Ini adalah kunjungan ketiga kami selama bulan Ramadhan ini. Insya Allah, kami akan membangun rumah ini agar sesuai untuk mereka," ujarnya.


Setelah kunjungan tersebut, Hendri Septa membawa Hendrik dan Rahmat ke rumah Dinas Wali Kota Padang untuk berbuka puasa bersama, menginap semalam, dan akan diakhiri dengan sahur bersama.


Sebelum pergi ke rumah dinas, mereka singgah untuk berbelanja perlengkapan Lebaran di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Padang.


Setelah berbuka puasa bersama Wali Kota, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang, Genny Putrinda, ikut memberikan bingkisan dari Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang kepada Hendrik dan Rahmat.


Selain itu, Baznas Kota Padang juga memberikan paket Sembako untuk digunakan selama Bulan Ramadan 1445 Hijriah.(des)