Dua Sekolah di Padang Panjang Masuk Seleksi Wawancara Lomba PJAS BPOM RI -->

Iklan Atas

Dua Sekolah di Padang Panjang Masuk Seleksi Wawancara Lomba PJAS BPOM RI

Kamis, 21 Maret 2024

 

Persiapan menghadapi lomba panngan jajanan anak Sekolah yang diselenggarakan BPOM RI.

Padang Panjang, fajarsumbar.com -Dua sekolah di Kota Padang Panjang,  SMP Negeri 1 Padang dan SMA Negeri 1 Sumatra Barat lolos ke tahap seleksi lomba Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Aman 2024 yang diselenggarakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.


Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Muji Sirwanto, M.Pd mengatakan, dua sekolah ini akan ikut seleksi wawancara pada Jumat (22/3) dan Senin (25/3). 

Ada beberapa indikator yang harus dipersiapkan sekolah untuk ikut wawancara ini.


Sebelumnya, kata Muji, sekolah yang lolos sampai tahap ini sudah mengikuti pendampingan yang dilakukan satu tahun dari awal 2023. Kemudian sekolah itu dinilai dari semua aspek oleh BPOM Sumatra Barat sehingga akhirnya sampai pada tahap ini.


"Kurang lebih satu tahun sekolah kita ini didampingi BPOM Sumbar, dan akhirnya kita bisa lolos ke tahap wawancara," ujarnya.


Pembinaan PJAS ini berada di bawah BPOM Sumbar. Mulai dari menyiapkan kader PJAS, sampai pengelolaan dan penyediaan makanan untuk siswa di sekolah.


"Kita dari dinas selalu mendorong sekolah yang sudah dilakukan pendampingan dengan melakukan monev bersama BPOM Sumbar. Baik langsung ke lapangan dan melalui zoom meeting. Kita harap dua sekolah ini berhasil lolos seleksi wawancara ini nantinya," tutup Muji.


Sementara itu Kepala SMP N 1, Ermita, S.Pd menyampaikan, pihaknya telah melalui beragam tahapan. Dimulai melalui seleksi administrasi profil sekolah sejak awal 2023 dan saat ini masuk pada tahapan wawancara terhadap nominator kategori SMP yang berasal dari seluruh Indonesia. 


Pihaknya tengah persiapan diri untuk ikut seleksi wawancara. Ada beberapa penilaian yang akan dinilai di antaranya informasi seputar sekolah, rencana aksi sekolah, dukungan pemerintah daerah, inovasi kader, prestasi sekolah, dan kegiatan pengimbasan ke warga sekolah, sekolah lain dan masyarakat.


"Semua kategori ini sudah kita persiapkan, dan besok insyaallah akan kita ikuti seleksi wawancara. Semoga sekolah kita ini berhasil lolos untuk masuk nominasi lomba PJAS Aman 2024 ini," katanya.


Kepala SMA N 1 Sumbar, Suryan Netti, S.Pd juga telah melakukan persiapan untuk menghadapi wawancara PJAS ini. Indikator yang dibutuhkan selama wawancara sudah selesai dan tinggal menunggu waktu lomba saja.


"Kami berharap sekolah kami bisa masuk nominasi dan lolos di tingkat nasional sebagai terbaik 1. Sehingga bisa menjadikan SMA N 1 Sumbar sebagai pilot project rujukan program PJAS untuk SMA/SMK se-Sumatra Barat," tuturnya. (syam)