Geng Kriminal Haiti Serang Gedung Pemerintah dan Istana Kepresidenan -->

Iklan Atas

Geng Kriminal Haiti Serang Gedung Pemerintah dan Istana Kepresidenan

Minggu, 10 Maret 2024

Geng kriminal di Haiti semakin merajalela karena lemahnya pemerintah.

Jakarta – Kelompok Kriminal Haiti Merebak, Serang Gedung Pemerintah dan Istana Kepresidenan Geng kriminal di Haiti semakin merajalela dengan serangan terhadap beberapa gedung pemerintah di ibu kota, Port-au-Prince, termasuk Istana Kepresidenan. Laporan dari stasiun televisi ABC News, yang mengutip sumber penegak hukum setempat, menyebutkan bahwa para penjahat menyerang kantor Kementerian Dalam Negeri Haiti dan kantor polisi pada Jumat malam (8/3/2024), dalam serangan yang dikoordinasikan oleh beberapa kelompok kriminal berbeda.


"Sekitar 12 anggota geng tewas dalam aksi itu," ujar sumber tersebut pada Sabtu (9/3/2024). Warga Haiti menyaksikan tembakan keras dan ledakan, sementara ratusan orang terpaksa meninggalkan daerah tersebut akibat bentrokan sengit antara geng dan polisi.


Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban di pihak polisi. Sebelumnya, sebuah geng bersenjata telah menyerbu penjara terbesar di Haiti, melepaskan sejumlah narapidana, dan menyerbu satu penjara lainnya.


Menghadapi eskalasi kekerasan, pihak berwenang Haiti mengumumkan keadaan darurat selama 72 jam dan memberlakukan jam malam untuk memburu para pelaku. Haiti, yang telah terperosok dalam krisis sosial dan politik sejak pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada 7 Juli 2021, kini menghadapi peningkatan aktivitas kelompok kriminal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Krisis kemanusiaan di negara itu semakin diperparah oleh bencana alam yang melanda.(des)