Hamas Ajukan Rancangan Gencatan Senjata -->

Iklan Atas

Hamas Ajukan Rancangan Gencatan Senjata

Rabu, 06 Maret 2024

 

Hamas tegaskan PM Israel tidak ingin gencatan senjata terjadi di Gaza 

Gaza - Pejabat senior Hamas, Bassem Naim, mengumumkan bahwa Hamas telah mengajukan rancangan kesepakatan gencatan senjata sendiri kepada Israel dan saat ini menunggu tanggapan. Naim menegaskan bahwa Netanyahu tidak tertarik mencapai kesepakatan, dengan keputusan saat ini berada di tangan Amerika. Presiden AS Joe Biden juga menekankan perlunya gencatan senjata Gaza, dengan menekankan pentingnya pembebasan sandera Israel sebagai imbalannya. Biden menyampaikan ini saat pembicaraan delegasi yang sudah memasuki hari ketiga tanpa adanya terobosan yang signifikan.


Kekerasan antara Palestina dan Israel cenderung meningkat selama bulan Ramadhan, memberikan insentif bagi para pemimpin untuk mencapai kesepakatan sebelum bulan suci tersebut tiba. Pemerintah AS, yang merupakan pendukung utama Israel, juga menekankan tanggung jawab Hamas sebagai penguasa Gaza dalam mencapai kesepakatan.


Di sisi lain, Hamas menyatakan bahwa sikap AS bertujuan untuk mengalihkan tanggung jawab dari Israel jika perundingan tidak berhasil. Situasi kemanusiaan di Gaza semakin memburuk, dengan kelaparan mengancam sebagian besar wilayah tersebut karena penurunan drastis dalam pasokan bantuan selama konflik.(des*)