Inovasi Terbaru dari Ilectra, Kenali Alva One XP, Varian Baru Motor Listrik -->

Iklan Atas

Inovasi Terbaru dari Ilectra, Kenali Alva One XP, Varian Baru Motor Listrik

Jumat, 08 Maret 2024

Beda Alva One XP dengan versi terdahulunya.


Jakarta – PT Ilectra Motor Group telah mengumumkan peluncuran varian terbaru dari jajaran model motor listriknya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yang diberi nama Alva One XP. Model ini merupakan penyempurnaan dari varian sebelumnya, yakni Alva One.


Alva One XP memiliki spesifikasi yang mirip dengan versi sebelumnya, namun dengan berbagai penyempurnaan. Motor penggerak tipe hub-drive menghasilkan tenaga sebesar 4 kW dan torsi puncak 46,5 Nm, yang diklaim lebih halus dibandingkan dengan model sebelumnya.


Motor penggerak ini didukung oleh baterai Lithium berkapasitas 60V 45Ah (2,7 kWh) yang mampu menempuh jarak hingga 70 km dengan satu kali pengisian. Proses pengisian daya baterai membutuhkan waktu sekitar empat jam.


Putu Yudha, Chief Marketing Officer Alva, menyatakan bahwa perusahaan telah meningkatkan dan mengembangkan motor penggerak pada Alva One XP untuk memberikan kenyamanan kepada pengendara selama perjalanan.


"Kami telah melakukan optimasi pada hub-drive untuk menghadapi kondisi jalan di Indonesia. Meskipun outputnya tetap sama, kami meningkatkan keandalannya," ujar Putu kepada wartawan di Bintaro, Tangerang Selatan, pada Rabu (6/3/2024).


Selain itu, Alva One XP juga mengalami perubahan pada layar TFT yang kini dilengkapi dengan sensor adaptif untuk menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan dan cuaca di sekitarnya. Meskipun memiliki desain yang sama, terdapat beberapa penyesuaian.


"Kami memahami bahwa cuaca di Indonesia seringkali sangat terik, sehingga pada siang hari penglihatan seringkali terganggu. Oleh karena itu, kami meningkatkan fitur TFT adaptif. Ketika masuk ke terowongan, layar langsung menyala," jelasnya.


Secara dimensi, Alva One XP memiliki panjang 1.960 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.200 mm. Panjang sumbu roda mencapai 1.370 mm dengan ground clearance sebesar 135 mm.


Dari segi kaki-kaki, Alva One XP menggunakan ban depan ukuran 90/90 R14 dan ban belakang ukuran 110/80 R14. Suspensi depan menggunakan tipe teleskopik, sementara suspensi belakang menggunakan monoshock.


Motor listrik ini juga unggul dalam hal konektivitas, karena dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan pengendara terhubung dengan motor melalui smartphone. Fitur-fitur baru seperti Battery Status Checking, Live Map Tracking, Trip History & Analytic, serta Social Media Share juga telah disematkan.


Alva One XP dijual dengan harga sebelum subsidi sebesar Rp38,5 juta, dengan status one the road (OTR) Jakarta. Harga tersebut belum termasuk subsidi pemerintah sebesar Rp7 juta.(BY)