ISI Padang Panjang Mulai Bangun Kampus II di Kawasan "Tarok City" Terwujud Icon Terbaru Padang Pariaman -->

Iklan Atas

ISI Padang Panjang Mulai Bangun Kampus II di Kawasan "Tarok City" Terwujud Icon Terbaru Padang Pariaman

Sabtu, 30 Maret 2024
ISI Padang Panjang telah memulai dengan Land clearing pembangunan Kampus II di Tarok City, Nagari Kepala Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat (foto.doc.saco)


Parik Malintang - Rencana besar "Tarok City" yang dipersiapkan sebagai Landmark kawasan berciri khas "Kota Pendidikan" terbarukan, akan membuat Padang Pariaman lebih maju dan berkembang kedepannya.


Ketika itu, rencana ini digagas Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Padang Pariaman, beragam komentar muncul. Ada yang pro dan kontra, juga pesimis dilanjutkan pembangunan Tarok City untuk dijadikan Kota Pendidikan secara terpadu.


Kini, pertanda pembangunan pendidikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Tarok City telah di mulai. Seperti pihak Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dengan Pemdakab Pariaman melakukan koordinasi untuk proses pembangunannya.


Rektor ISI Padang Panjang, Dr.Febri Yulika, S.Ag.M.Hum dengan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur telah bertemu di ruang kerjanya Bupati, Parik Malintang belum lama ini.


Kedua pejabat ini bicarakan dengan membahas langkah-langkah persiapan pembangunan. Setidaknya, pembangunan lembaga PTN di Tarok City akan menjadi tonggak sejarah bagi Kabupaten Padang Pariaman. 


Bahasan terfokus rencana kerjasama kedua belah pihak. Sehingga akan membawa kemajuan signifikan bagi pembangunan Kampus II ISI Padang Panjang nantinya di Tarok City Padang Pariaman.


Bahkan, pertanda kehadiran Kampus II ISI Padang Panjang itu, telah mengawali dengan melakukan Land Clearing pembangunan gedung di Tarok City.


Kabag Prokompim Padang Pariaman Anton Wira Tanjung, S.PT, MM yang dihubungi Wartawan fajarsumbar.com, Jum'at pagi (29/3/2024) membenarkan telah mulai pembangunan fisik Kampus II ISI Padang Panjang di Tarok City.


"Yakni Land Clearing pembangunan gedung nya. Telah terlihat sejumlah pekerja bersama peralatan kerjanya berada di lokasi sejak dua pekan terakhir" sebut Kabag Prokompim yang sengaja dia turun ke lapangan baru-baru ini.


Keterangan yang diperoleh dari ISI, kata Anton yang pernah Camat Batang Gasan itu, ISI Padang Panjang akan membangun dua gedung megah senilai Rp 48 M.


"Kini, pihak ISI Padang Panjang sedang melakukan proses tender. Bila sudah ada pemenang tendernya, diperkirakan bulan April 2024 ini, telah mulai dikerjakan fisik gedung Kampus II ISI tersebut" ungkap Anton yang mengaku memperoleh informasi dari ISI Padang Panjang.


Diketahui, Rencana besar "Tarok City" yang digagas almarhum Ali Mukhni, Bupati Padang Pariaman dua priode 2010 s.d 2020, sebagai Landmark kawasan berciri khas "Kota Pendidikan" terbarukan, akan membuat Padang Pariaman lebih maju dan berkembang kedepannya.


Kawasan Tarok City yang terletak di Nagari Kepala Hilalang Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam untuk di jadikan Kota Pendidikan secara terpadu. Ketika itu, ada yang pro dan kontra, juga pesimis untuk dilanjutkan.


Kini, polemik itu terjawab sudah sesuai dengan prosesnya, serta dinamika perjalanan waktu. Yakni pertanda pembangunan pendidikan PTN di Tarok City telah dimulai.


Kemudian, telah ada respon positif dari sejumlah PTN seperti ISI, Unand, UNP, UIN dan Politeknik di Sumatera Barat. Serta, beberapa Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dari Kementerian untuk membangun Kampusnya.


Bupati Suhatri Bur tidak tinggal diam, ia terus melakukan koordinasi dan lobby kepada sejumlah PTN dan Balai Diklat yang siap sedia untuk membangun Kampusnya di Tarok City sana.


Berkaca sebagai Wabup ketika berpasangan dengan Bupati Ali Mukhni priode 2015 - 2020, tentu Suhatri Bur telah mengetahui kemana arah pembangunan Padang Pariaman kedepannya.


Terutama mengembangkan Tarok City sebagai Kawasan Pendidikan yang dapat menjadi icon Padang Pariaman. Dan, punya daya saing berkemajuan kompetitif di bidang pendidikan untuk Sumatera Barat, Regional dan Nasional serta Internasional nantinya.


Tak pelak lagi, agaknya dan wajar sekali pasangan Bupati Suhatri Bur - Wabup Rahmang priode 2020-2024 ini, ia mengusung Visi dan Misi Padang Pariaman Berjaya. 


Untuk mewujudkan itu, Bupati Suhatri Bur terus melangkah dengan berbagai program kerjanya untuk membangun infrastruktur jalan, jembatan, pendidikan, ekonomi, UMKM dan lainnya.


Termasuk giat mensukseskan pembangunan kawasan pendidikan Perguruan Tinggi di Tarok City dari sejumlah PTN.


Sehingga gerakan pembangunan Padang Pariaman Berjaya terus berlanjut demi kesejahteraan masyarakatnya. Semoga ..! (saco)