Jamaah Muhammadiyah Mulai Puasa 1445 Hijriah, Tetapkan Awal Ramadhan Serentak -->

Iklan Atas

Jamaah Muhammadiyah Mulai Puasa 1445 Hijriah, Tetapkan Awal Ramadhan Serentak

Senin, 11 Maret 2024

 

Jamaah Muhammadiyah mulai melaksanakan salat tarawih pada Minggu (10/3/2024) malam, termasuk di Kota Padang. 


Padang - Jamaah Muhammadiyah, bersama pengurusnya, telah memastikan pelaksanaan ibadah puasa 1445 Hijriah dimulai pada Senin (11/3/2023). Keputusan ini diumumkan melalui salat tarawih serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Padang, Sumatera Barat.


Masjid Taqwa Muhammadiyah di Pasar Raya Padang menjadi salah satu lokasi yang telah memulai salat tarawih pada malam Minggu (10/3/2024). Ketua Pengurus Masjid, Ki Jal Atri Tanjung, menyatakan bahwa keputusan ini didasarkan pada hisab haqiqi yang dilakukan oleh majelis ta’jib dan tabligh PP Muhammadiyah serta pimpinan wilayah Muhammadiyah se-Sumbar.


Ki Jal Atri Tanjung menjelaskan bahwa mereka melaksanakan ibadah tarawih delapan rakaat dan witir tiga rakaat. Terkait perbedaan jadwal puasa dengan pemerintah, Ki Jal Atri Tanjung menyatakan bahwa hal tersebut biasa terjadi di Indonesia dan sesuai dengan ajaran Alquran.


Selain jamaah Muhammadiyah, sejumlah pejabat pemerintahan seperti Sekretaris Daerah Sumbar, Hansastri Matondang, dan Danlanud Sutan Sjahrir, Kolonel Nav Sani Salman Nuryadin, juga terlihat melaksanakan ibadah tarawih di Masjid Taqwa Muhammadiyah pada malam Minggu (10/3/2024).


Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Selasa (12/3/2024), hasil Sidang Isbat di Jakarta, Minggu. Meskipun terdapat perbedaan penentuan awal Ramadhan antara Muhammadiyah dan pemerintah, hal ini disebabkan oleh kriteria yang berbeda yang dipedomani oleh masing-masing organisasi Islam di Indonesia. Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal, sementara pemerintah memakai kriteria MABIMS yang melibatkan Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia.(des)