Kehebatan Pratama Arhan, Dikagumi Analis Sepakbola AS -->

Iklan Atas

Kehebatan Pratama Arhan, Dikagumi Analis Sepakbola AS

Jumat, 22 Maret 2024

Lemparan ke dalam Pratama Arhan menjadi awal gol Timnas Indonesia


Fajarsumbar.id - Analis Sepakbola Amerika Serikat (AS), Ben Griffis, memberikan pujian kepada fullback kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, menyebutkan bahwa lemparan jarak jauh yang dilakukannya sebagai salah satu yang paling berbahaya di dunia.


Ben Griffis memberikan komentarnya setelah menyaksikan pertandingan antara Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam dalam laga ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis, 21 Maret 2024. Ia terkesan dengan kemampuan lemparan jauh yang dimiliki oleh Pratama Arhan.


Dalam pertandingan tersebut, Pratama Arhan masuk sebagai pengganti Nathan Tjoe-A-On di awal babak kedua. Perubahan ini terjadi ketika skor masih seimbang 0-0.


Kehadiran Pratama Arhan memberikan semangat baru bagi Timnas Indonesia dalam menyerang. Hal ini terbukti dengan terciptanya gol pada menit ke-52.


Lemparan jarak jauh Pratama Arhan menciptakan kekacauan di pertahanan Timnas Vietnam, yang kemudian dimanfaatkan oleh Egy Maulana Vikri untuk mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam yang dikawal oleh Filip Nguyen.


"Kemampuan lemparan jarak jauh ini sangatlah berbahaya. Dapat dikatakan bahwa lemparan yang dilakukan oleh Pratama Arhan adalah salah satu yang paling berbahaya di dunia," ujar Ben Griffiss, dikutip dari akun Twitter @BeGriffis.


"Gol ini merupakan satu-satunya gol dalam kemenangan Timnas Indonesia 1-0 atas Vietnam," tambah Ben Griffis sambil membagikan video lemparan Pratama Arhan yang berujung gol oleh Egy Maulana Vikri ke gawang Timnas Vietnam.


Pratama Arhan seringkali berhasil menciptakan gol melalui lemparan jauh untuk Timnas Indonesia. Pada semifinal AEA Games 2023, dua kali lemparan jarak jauh Pratama Arhan membantu Timnas Indonesia U-22 meraih kemenangan 3-2 atas Timnas Vietnam U-22.


Bahkan kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, hampir kebobolan gol akibat lemparan jauh Pratama Arhan setelah sundulan Elkan Baggott. Media Argentina bahkan menyebut Pratama Arhan sebagai El Loco alias 'Sang Gila' karena keahliannya dalam melakukan lemparan jarak jauh.(BY)