Kemenangan Sulit Manchester United atas Liverpool, Catatan Gemilang di Babak Perpanjangan Waktu -->

Iklan Atas

Kemenangan Sulit Manchester United atas Liverpool, Catatan Gemilang di Babak Perpanjangan Waktu

Senin, 18 Maret 2024

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag


MANCHESTER – Manchester United berhasil menundukkan Liverpool dalam pertandingan perempat final Piala FA 2023-2024 setelah melalui babak perpanjangan waktu. Pelatih Erik Ten Hag mengungkapkan kepuasannya terhadap penampilan Setan Merah terutama pada 35 menit awal pertandingan.


Di hadapan pendukungnya di Old Trafford, pada Minggu (17/3/2024) malam WIB, Man United mencetak gol cepat melalui tendangan Scott McTominay saat pertandingan baru berjalan 10 menit. Setelah itu, mereka berhasil mendominasi pertandingan dengan menguasai bola lebih banyak, menekan tim tamu, dan menciptakan banyak peluang.


Namun, menjelang akhir babak pertama, Bruno Fernandes dan rekan-rekannya terlalu lengah sehingga The Reds -sebutan untuk Liverpool- berhasil mencetak dua gol melalui Alexis MacAllister (menit ke-44) dan Mohamed Salah (menit ke-45+2). Meski demikian, Antony berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-87, memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.


Di babak tambahan waktu, skuad asuhan Jurgen Klopp berhasil unggul lagi melalui gol Harvey Elliot pada menit ke-105, tetapi Man United berhasil menyamakan kedudukan sekali lagi melalui gol Marcus Rashford pada menit ke-112. Bahkan, pada akhirnya Amad Diallo mencetak gol kemenangan bagi tuan rumah di menit ke-120+2.


Meskipun meraih kemenangan dengan susah payah, Ten Hag menilai bahwa timnya menampilkan performa terbaik pada 35 menit pertama pertandingan. Menurutnya, mereka bermain sangat baik baik dalam serangan maupun bertahan.


“Ya, menurut saya, 35 menit pertama merupakan penampilan terbaik kami sepanjang musim ini. Kami bermain dengan sangat baik, baik saat menyerang maupun bertahan,” ujar Ten Hag seperti dilansir dari laman resmi Manchester United pada Senin (18/3/2024).


Lebih lanjut, Erik ten Hag mengakui adanya penurunan level permainan timnya setelah itu. Namun, berkat perubahan dalam sistem bermain, Man United mampu bangkit dan memenangkan pertandingan.


“Dan kemudian dalam 10 menit terakhir, serta setelah jeda, kami turun satu level, dan Anda bisa melihat betapa bagusnya Liverpool sebagai tim. Namun pada akhirnya, kami mengubah gaya bermain kami, terutama dalam hal sistem, dan sejak itu kami mengambil inisiatif, percaya pada diri sendiri, menciptakan peluang, dan mencetak gol,” tambahnya.


Dengan hasil tersebut, Manchester United melaju ke semifinal Piala FA 2023/2024, di mana mereka akan berhadapan dengan Coventry City. Kedua tim akan bersaing untuk meraih tiket ke partai puncak melawan pemenang antara Manchester City dan Chelsea.(BY)