Kemenangan Timnas Indonesia, Kenaikan Peringkat FIFA dan Peluang Menuju Babak Ketiga -->

Iklan Atas

Kemenangan Timnas Indonesia, Kenaikan Peringkat FIFA dan Peluang Menuju Babak Ketiga

Selasa, 26 Maret 2024

Timnas Indonesia siap tempur lawan Timnas Vietnam di Stadion My Dinh. 


Fajarsumbar.id - Perhitungan ranking FIFA Timnas Indonesia akan dibahas setelah pertandingan melawan Timnas Vietnam di matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Menurut jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Vietnam di Stadion My Dinh pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.


Kemenangan menjadi target utama Timnas Indonesia untuk memperbesar peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Saat ini, setelah melewati tiga pertandingan di Grup F, Timnas Indonesia menempati posisi kedua dengan mengumpulkan empat angka.


Pasca-menang 1-0 atas Timnas Vietnam di matchday ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Kamis, 21 Maret 2024 malam WIB, posisi Timnas Indonesia meroket ke peringkat dua dalam klasemen, serta mengalami kenaikan peringkat di ranking FIFA.


Kemenangan lima hari sebelumnya membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 15,37 poin dalam ranking FIFA, naik tiga peringkat dari posisi 142 ke 139 dunia.


Apabila kembali memenangkan pertandingan melawan Timnas Vietnam pada malam ini, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 14,67 poin dalam ranking FIFA. Dengan tambahan poin tersebut, total poin Timnas Indonesia akan menjadi 1,102.70.


Kumpulan poin sebanyak itu akan membuat Timnas Indonesia naik empat peringkat ke posisi 135 dunia, menggeser empat negara, yaitu Kuwait (peringkat 138), Lithunia (peringkat 137), Latvia (peringkat 136), dan Nicaragua (peringkat 135).


Timnas Indonesia akan mempertahankan posisi tersebut jika Nicaragua bermain imbang atau kalah dari Cuba dalam laga uji coba, serta Kuwait bermain imbang atau kalah dari Timnas Qatar di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.


Bahkan, Timnas Indonesia berpotensi naik ke peringkat yang lebih tinggi apabila Timnas Malaysia kalah dari Oman, dan Kepulauan Faroe dikalahkan oleh Denmark. Dengan demikian, posisi terbaik Timnas Indonesia dalam ranking FIFA adalah peringkat 133 dunia jika berhasil mengalahkan Timnas Vietnam pada malam ini.


Namun, bagaimana jika pertandingan berakhir imbang? Jika skor imbang, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 2,17 poin dalam ranking FIFA, sehingga total poin mereka menjadi 1,090.20. Hal ini akan membuat Timnas Indonesia naik ke peringkat 138 dunia, menggeser Kuwait.


Sedangkan jika kalah dari Timnas Vietnam, Timnas Indonesia akan kehilangan 10,33 poin, sehingga total poin mereka menjadi 1,077.70. Akibatnya, Timnas Indonesia akan merosot ke peringkat 141 atau 142 dunia dalam ranking FIFA.(BY)