Keren! Site Manager Warisan Dunia Sepakati 2025 Kota Sawahlunto Tuan Rumah -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Keren! Site Manager Warisan Dunia Sepakati 2025 Kota Sawahlunto Tuan Rumah

Jumat, 08 Maret 2024

 

Penghormatan kepada Delegasi Indonesia untuk Penyelenggaran "We Are Site Managers International Symposium" di Kota Sawahlunto Indonesia, pada bulan Mei 2025. (foto ist) 



Sawahlunto, fajarsumbar.com - "We Are Site Managers International Symposium" yang diselenggarakan pada tanggal 1-5 Maret 2024 di George Town, Malaysia dengan Peserta sebanyak 160 orang berasal dari 37 negara, dan dukungan Pemerintah Negara Bagian Penang, George Town World Heritage Incorporated, dan komunitas Kota Bersejarah George Town.


Delegasi Indonesia dihadiri dari 3 Kota (Sawahlunto 6 Orang - Dr. Zefnihan, AP., M.Si, Yayuk Sri Budi Rahayu, S.Sos., M.Pd, Dian Trihayati, M.Hum, Rahmat Gino Sea Games, ST., MT, Dr. Jonny Wongso, ST., MT, Punto Wijayanto, ST, MT), Jogjakarta 2 Orang, Semarang 2 Orang), dan 1 Provinsi (Provinsi DIY 2 Orang) serta Kantor UNESCO Jakarta dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Kebudayaan Ibu Moe Chiba.


"Rencana kegiatan ini telah dibahas panjang sebelumnya bersama Forum Pengelola Situs Warisan Dunia (mulai di Kraków, 2017, Manama 2018, Baku 2019, Fuzhou/daring 2021, dan Riyadh 2023) dan akhirnya dapat diselenggarakan pertama di Penang, Malaysia," ujar Rahmat Gino Sea Games kepada fajarsumbar.com melalui pesan singkat WhatsApp, Jum'at (8/3/2024).


Gino menyebutkan, dari pertemuan para site manager warisan dunia ini disepakati Sembilan rencana aksi, dengan salah satu poinnya adalah penunjukan pelaksanaan "We Are Site Managers International Symposium" di Kota Sawahlunto Indonesia, pada bulan Mei 2025.


Kegiatan symposium ditutup dengan memperkenalkan situs warisan dunia UNESCO “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto” melalui pemutaran video OCMHS, dan pembagian souvenir berupa Syal Songket Silungkang, Baju Kaos OMCHS, Pouch OCMHS, dan Gantungan Kunci Khas berbahan batubara.


"Untuk persiapan, pemerintah Republik Indonesia melalui Kemedikbudristek langsung mengadakan rapat persiapan Bersama pihak terkait pada hari ini Jumat tanggal 8 Maret 2024 di Kemdikbudristek dan melalui media Zoom Meeting," ucap Gino kemudian. (ton)