Komitmen Sawahlunto Usai Men-PAN RB Ajak Interoperabilitas Layanan Publik ke Portal Nasional -->

Iklan Atas

Komitmen Sawahlunto Usai Men-PAN RB Ajak Interoperabilitas Layanan Publik ke Portal Nasional

Kamis, 07 Maret 2024

Peresmian 16 Mal Pelayanan Publik (MPP) yang juga didukung komitmen Tak 60 daerah lainnya. (foto ist) 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas telah meresmikan 16 Mal Pelayanan Publik (MPP). Tak hanya itu, 60 daerah juga menyatakan komitmen untuk memperkuat transformasi digital melalui MPP Digital.


Dikatakan, saat ini pemerintah tengah fokus pada penyiapan keterpaduan layanan digital salah satunya portal nasional yang akan menginteroperabilitaskan berbagai layanan publik utama pemerintah kepada masyarakat.


Menteri Anas mengajak pemerintah daerah untuk melakukan interoperabiltas layanan yang ada pada satu portal karena hal ini berkaitan dengan arahan Presdien Joko Widodo untuk tidak lagi membuat aplikasi baru.


“Dalam tiga bulan ini Bapak harus bekerja keras mengerjakan ini, panggil kominfonya saya tidak mau ada aplikasi baru bagaimana menginteroperabilitaskan layanan-layanan aplikasi tadi, kalau terlalu banyak aplikasi rakyat akan repot karena harus men-download aplikasi satu persatu,” ujarnya dalam acara Peresmian Bersama MPP dan Pengutan Komitmen Penerapan MPP Digital, di Jakarta, Kamis (07/03/2024).


Adapun 16 MPP tersebut adalah MPP Kota Medan, MPP Kabupaten Siak, MPP Kabupaten Seluma, MPP Kabupaten Sarolangun, MPP Kabupaten Bangka, MPP Kabupaten Mesuji, MPP Kota Sukabumi, MPP Kabupaten Banjarnegara, MPP Kota Tegal, MPP Kota Probolinggo, MPP Kabupaten Katingan, MPP Kabupaten Lamandau, MPP Kabupaten Sukamara, MPP Kota Banjarmasin, MPP Kabupaten Gowa, dan MPP Kabupaten Wonosobo.


Pada kesempatan itu, terdapat 60 kepala daerah yang juga menyatakan komitmen peningkatan penerapan pengelolaan MPP Digital dimana tiga kabupaten/kota diantaranya turut meresmikan MPPnya secara serentak. Apresiasi juga disampaikan Menteri Anas kepada para kepala daerah yang telah menghadirkan MPP dan MPP Digital.


Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, M. Si, turut mengikuti kegiatan peresmian bersama 16 Mall Pelayanan Publik (MPP) dan penguatan komitmen penerapan MPP digital.


Peresmian tersebut dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas disaksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro, Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto, Ketua KASN Agus Pramusinto.


"Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dan konsistensi pemerintah terhadap pelayanan publik prima," ujar Zefnihan.


Diharapkan kedepannya seluruh penyelenggara MPP dapat memanfaatkan platform MPP Digital yang nantinya akan menjadi bagian dari pelayanan terintegrasi yang ada dalam Portal Pelayanan Publik.


"Pengembangan pelayanan publik digital yang terintegrasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari seiring dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan layanan yang lebih user-friendly," tandasnya. (rel/ton)