Kritik Agen Terhadap Troussier, Kontroversi di Timnas Vietnam -->

Iklan Atas

Kritik Agen Terhadap Troussier, Kontroversi di Timnas Vietnam

Rabu, 27 Maret 2024

Nguyen Quang Hai saat Timna Vietnam menghadapi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023


HANOI – Bintang Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai, absen dalam dua pertandingan terakhir The Golden Stars melawan Indonesia. Agen Nguyen Quang Hai, Michele Donato Fersini, mengecam keputusan pelatih Philippe Troussier terhadap nasib kliennya.


Nguyen Quang Hai kembali tidak diturunkan dalam pertandingan kedua Vietnam melawan Timnas Indonesia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024) malam WIB. Pemain berusia 26 tahun itu harus menonton dari bangku cadangan atas keputusan Philippe Troussier.


Tanpa kehadirannya, The Golden Star harus menelan kekalahan telak 0-3 dari Indonesia. Gelandang CAHN FC itu bahkan terlihat frustasi dengan situasi tersebut, terlihat ketika timnya tak mampu mengimbangi permainan Skuad Garuda.


Melihat kejadian ini, Fersini merasa heran dengan keputusan Troussier yang tak kunjung memainkan Quang Hai. Menurutnya, pelatih asal Prancis tersebut telah membuat keputusan yang keliru dan enggan mengakui kesalahannya.


"Menjadi seorang pelatih tidaklah mudah. Terlepas dari hasilnya, menang atau kalah, kita semua harus menghormati kerja pelatih. Namun, saya hanya heran karena saya belum pernah sekalipun mendengar dia (Pelatih Troussier) berkata, 'Saya melakukan kesalahan,' Aku membuat pilihan yang salah,” kata Fersini seperti yang dilansir dari Soha VN, Rabu (27/3/2024).


“Setiap kali saya hanya melihat pernyataan yang menyiratkan bahwa pilihan tersebut adalah keputusan pribadi. Mungkin setelah 10 kekalahan, inilah waktunya bagi orang-orang untuk mengatakan bahwa ini adalah kesalahan saya, bahwa saya mengambil keputusan yang salah,” sambungnya.


Meskipun begitu, Fersini mengakui bahwa keputusan pelatih harus dihormati. Menurutnya, Troussier pasti sudah mempertimbangkan segala sesuatunya meskipun terkadang tidak sesuai harapan. Dia berharap semuanya akan menjadi lebih baik ke depannya.


“Saya pikir kita perlu menghormati keputusan pelatih. Saya juga mendengar pelatih Troussier mengatakan bahwa semua keputusan bergantung pada perhitungannya,” ujar Fersini.


“Coach Troussier adalah orang yang memiliki banyak pengalaman, namun saya merasa dia mengalami kesulitan dalam melatih di Vietnam. Tapi semuanya sudah berakhir sekarang. Saya pikir kita harus melihat ke masa depan daripada berbicara terlalu banyak tentang masa lalu,” katanya.


Sementara itu, Philippe Troussier telah dipecat oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) tak lama setelah mengalami dua kekalahan dari Indonesia. VFF kabarnya akan membayar uang kompensasi cukup besar karena telah memecat Troussier sebelum kontraknya berakhir.(BY)