Marapi Terus Erupsi, BPBD dan PMI Bagi-bagi Masker -->

Iklan Atas

Marapi Terus Erupsi, BPBD dan PMI Bagi-bagi Masker

Selasa, 05 Maret 2024

 

Bagi-bagi masker kepada pengguna jalan di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Erupsi Gunung Marapi bellum juga berhenti. Tiap hari sejak tiga bulan lalu Gunung Marapi terus erupsi menyebarkan abu kepundan. 


Mengatasi dampak abu erupsi Gunung Marapi yang melanda Kota Padang Panjang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dibantu Dinas Perhubungan (Dishub)  membagian masker serentak, Senin (4/3) sore.


Pembagian masker dilaksanakan di lima lokasi. Di antaranya di depan Kantor BRI, Simpang M. Sjafei, Simpang Pasar Pusat, Simpang AB Mart, dan Simpang Bioskop Karya.


Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, SSTP, M.Si menyebutkan, masker ini dibagikan kepada pengguna jalan. 


"Sebanyak 7.000 masker dibagikan pada hari ini. Semoga dapat menghindarkan kita dari ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) akibat abu vulkanik tersebut," katanya.


Venda menjelaskan, 7.000 masker tersebut terdiri dari 2.500 maker jenis N95 dari BPBD Kesbangpol dan ditambah 4.500 masker medis dari PMI Padang Panjang yang terdiri dari 500 masker bantuan dari PMI Provinsi Sumatra Barat ditambah 4.000 dari Dinas Kesehatan Kota. 


“Menyikapi situasi cuaca saat ini, kalau bisa kurangi aktivitas keluar rumah. Ketika berkendara jangan lupa dipakai kaca helm dan masker agar bisa melindungi mata dan hidung dari abu. Kita berharap situasi kabut abu seperti ini cepat berlalu,” ujarnya.


Pada kesempatan tersebut Venda juga mengajak masyarakat untuk kembali membiasakan memakai masker guna mencegah efek dari abu vulkanik tersebut. 


“Bagi masyarakat yang belum mendapatkan masker dan menginginkannya, silakan langsung saja ke Kantor BPBD Kesbangpol. Kami siap memberikan untuk masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.


Ketua PMI Kota Padang Panjang, Herki Toni, SKM, MARS menyebutkan, pembagian masker tersebut dilakukan merespons erupsi Gunung Marapi yang masih terus berlanjut hingga saat ini.


PMI, sebutnya, berkomitmen terus memantau situasi dan menyiapkan bantuan darurat bagi masyarakat yang membutuhkan. Serta membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan bencana ini.


“Kita mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti instruksi dari pihak berwenang dalam menghadapi situasi darurat seperti ini. Selalulah memakai masker dan pelindung mata saat keluar rumah,” imbaunya. (syam)