Menghitung Pajak Tahunan Mobil Mazda 3, Perbandingan antara Hatchback dan Double Cabin -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Menghitung Pajak Tahunan Mobil Mazda 3, Perbandingan antara Hatchback dan Double Cabin

Sabtu, 09 Maret 2024

Berapa pajak mobil Mazda3? Segini uang yang harus disiapkan. 


Jakarta - Pajak kendaraan merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan. Besarnya pajak kendaraan sangat bervariasi, tergantung pada tahun produksi dan spesifikasi kendaraan tersebut. Semakin baru dan semakin tinggi spesifikasinya, semakin besar pula jumlah pajak yang harus dibayarkan.


Berita yang dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (7/3/2024) menyebutkan bahwa Mazda 3 Hatchback bukanlah pilihan kendaraan yang ekonomis, dengan harga dasar mencapai Rp497,8 juta. Dengan harga sebesar itu, pemiliknya perlu memperhitungkan biaya pajak tahunan yang dapat mencapai kisaran Rp5 jutaan.


Berdasarkan perhitungan, kendaraan Mazda 3 hatchback memerlukan anggaran sekitar Rp5 jutaan per tahun untuk pajak. Sementara itu, pemilik Mazda 3 double cabin diharuskan membayar pajak sekitar Rp6,8 jutaan. Tetapi, angka-angka ini dapat berubah sesuai dengan tahun produksi dan spesifikasi kendaraan.


Adapun Mazda 3 sedan, harga dan pajaknya juga beragam tergantung pada kondisi dan tahun pembuatannya. Sebagai contoh, Mazda 3 tahun 2017 dengan harga sekitar Rp300 jutaan memiliki pajak berkisar sekitar Rp5 jutaan.


Perlu diingat bahwa estimasi ini hanyalah perkiraan, dan jumlah yang sebenarnya dapat berbeda tergantung pada aturan dan regulasi yang berlaku, serta kebijakan pemerintah terkait perpajakan kendaraan bermotor.(BY)