Menghormati Orang Tua, Doa untuk Mereka yang Telah Meninggal -->

Iklan Atas

Menghormati Orang Tua, Doa untuk Mereka yang Telah Meninggal

Senin, 11 Maret 2024

 

Memanjatkan doa untuk orang tua adalah salah satu cara berbakti kepada m ereka. Bahkan, doa untuk orang tua yang sudah meninggal juga tetap bisa dilakukan


Jakarta - Memanjatkan doa sebagai bentuk bakti kepada orang tua adalah langkah mulia. Tidak hanya untuk orang tua yang masih hidup, doa juga bisa disampaikan untuk mereka yang sudah meninggal dunia.


Doa dalam agama Islam dianggap sebagai amalan yang sangat dianjurkan. Doa dapat diberikan untuk diri sendiri, keluarga, serta orang tua, baik yang masih berada di dunia ini maupun yang sudah meninggal.


Memberikan doa kepada orang tua yang telah berpulang juga merupakan wujud penghormatan dan kecintaan dari anak kepada orang tua. Meskipun mereka telah tiada, cara berbakti ini tetap dapat dilakukan dengan memanjatkan doa.


Berikut adalah doa yang dapat dipanjatkan untuk orang tua yang telah meninggal, sebagaimana tertulis dalam firman Allah 'Azza Wa Jalla:


رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ


"Ya Allah, Rabb kami, berilah ampunan kepada aku, ibu, dan ayahku, serta seluruh orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)." (QS. Ibrahim: 41).


Doa ini dapat dijadikan sebagai bentuk penghormatan dan doa restu untuk orang tua yang telah meninggal. Selain itu, membaca doa ini, terutama selama bulan Ramadhan, dapat menjadi amalan yang baik dan penuh keberkahan.(des)