Mengungkap Rencana Peningkatan Layanan Keuangan di Rawamangun Jakarta -->

Iklan Atas

Mengungkap Rencana Peningkatan Layanan Keuangan di Rawamangun Jakarta

Senin, 25 Maret 2024

Pimpinan Cabang BRI KC Jakarta Rawamangun Rahardian Umar Dani targetkan 2.355 Agen BRILink hingga Desember 2024.


Jakarta - BRI Kantor Cabang (KC) Rawamangun Jakarta mengincar jumlah Agen BRILink hingga Desember 2024 sebanyak 2.355 agen. Untuk mencapai tujuan tersebut, Rahardian Umar Dani, Pimpinan Cabang BRI KC Rawamangun, membeberkan strateginya.


"Dalam waktu ini, terdapat sebanyak 11 BRI Unit di Rawamangun. Jumlah agen BRILink saat ini mencapai 1.831 agen, menurut data per 29 Februari 2024," ujar Rahardian Umar Dani di Kantor Cabang Jakarta Rawamangun, Jalan Pemuda Kav 79 A, Jakarta Timur.


Dani menegaskan bahwa target jumlah agen BRILink di KC Jakarta Rawamangun hingga Desember 2024 adalah sebanyak 2.355 agen. Namun, target untuk setiap unit berbeda-beda.


Berdasarkan data saat ini, distribusi Agen BRILink di BRI Unit Rawamangun, seperti Kayu Putih (361), Pasar Palad (226), Ampera (208), RS Persahabatan (156), Pulogadung (154), Pegangsaan Dua (154), Pulomas (140), Pisangan Lama (136), Kayu Tinggi (105), Rawamangun (101) dan Cipinang (90).


Menurut Dani, setiap unit memiliki target yang berbeda hingga Desember 2024. Perincian target setiap unit, antara lain Kayu Putih (463), Pasar Palad (290), Ampera (270), RS Persahabatan (198), Pulogadung (194), Pegangsaan Dua (198), Pulomas (191), Pisangan Lama (174), Kayu Tinggi (135), Rawamangun (127) dan Cipinang (115).


"Dikarenakan Jakarta Timur, terutama Rawamangun memiliki potensi keramaian seperti pasar, kami menargetkan penambahan Agen BRILink hingga tahun 2024 menjadi 2.355 dari 1.831 agen. Dengan demikian, akan ada penambahan sekitar 524 Agen BRILink," jelas Dani.


Untuk mencapai target tersebut, Dani menekankan bahwa seleksi untuk menjadi agen BRILink harus dilakukan dengan hati-hati.


"Dengan banyaknya agen BRILink, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembagian sharing fee sebesar 50 persen dari BRI. Ini juga dapat meningkatkan inklusi keuangan, sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat dijangkau, terutama yang belum memiliki akses perbankan," tambahnya.


Dani menegaskan bahwa Agen BRILink saat ini menjadi ujung tombak untuk masa depan bisnis BRI.


"Penggunaan kantor saja tidaklah cukup, dan itu membutuhkan biaya besar. Kolaborasi ini tidak memiliki batasan tertentu. Kolaborasi bisa terjadi di mana saja, selama ada potensi dan saling menguntungkan," paparnya.


Dani juga menyatakan bahwa semakin banyak masyarakat yang menjadi agen BRILink, semakin meningkat pula layanan yang dapat diberikan, serta inklusi keuangan yang dapat dicapai.


"Dengan adanya agen BRILink, basis pelanggan akan semakin bertambah. Hal ini akan mengurangi kepadatan di kantor BRI, karena masyarakat dapat melakukan transaksi melalui agen BRILink dengan lebih mudah dan cepat," ungkapnya.


Tantangan dihadapi oleh KC Jakarta Rawamangun


Menurut Dani, tantangan yang dihadapi oleh KC Jakarta Rawamangun saat ini adalah beragam, mulai dari potensi agen BRILink dari skala kecil hingga besar.


"Ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Ada unit-unit yang berlokasi di perumahan mewah, sementara yang lain terletak di area dengan UMKM yang sangat minim. Oleh karena itu, unit dengan wilayah yang lebih luas, yang berada di pusat perbelanjaan dan perumahan, memiliki tantangan yang berbeda," jelas Dani.


Dengan pertumbuhan jumlah agen BRILink setiap tahunnya, peluang bagi agen baru untuk bergabung juga semakin terbuka lebar. Bagi yang tertarik menjadi agen BRILink, berikut adalah panduannya, seperti yang disarikan dari laman resmi Bank BRI.


Belum menjadi agen dari bank penyelenggara Laku Pandai


Memiliki surat keterangan legalitas usaha (minimal dari perangkat desa) atau SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan


Memiliki sumber penghasilan dari usaha dan/atau kegiatan tetap lainnya selama minimal dua tahun


Memiliki rekening simpanan berkartu di Bank BRI, dengan menyetor uang jaminan sebesar Rp3 juta yang akan diblokir selama menjadi agen


Memiliki rekening pinjaman di Bank BRI (tanpa menyetor uang jaminan) dengan status lancar selama enam bulan terakhir


Pengajuan agen dapat dilakukan oleh perseorangan atau badan hukum.


Bagaimana proses menjadi agen BRILink?


Persiapkan dokumen identitas


Membuka rekening nasabah di BRI


Mendapatkan surat izin usaha


Mengisi formulir dan proses berkas di unit kerja BRI


Proses instalasi perangkat agen BRILink


Agen siap melayani.(BY)