Menteri BUMN Puji Inisiatif Anggota DPR Andre Rosiade dalam Proyek Fly Over Sitinjau Lauik -->

Iklan Atas

Menteri BUMN Puji Inisiatif Anggota DPR Andre Rosiade dalam Proyek Fly Over Sitinjau Lauik

Kamis, 07 Maret 2024
Menteri BUMN, Erick Thohir didampingi Anggota DPR RI asal Sumbar, H Andre Rosiade dan jajaran PT Hutama Karya memaparkan rencana pembangunan fly over Sitinjau Lauik.


Padang - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memberikan apresiasi kepada Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar), H Andre Rosiade, terkait pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik di Lubuk Kilangan, Kota Padang pada Rabu (6/3/2023).


Erick menyatakan bahwa pembangunan fly over sangat penting untuk menghindari jalur super ekstrem yang telah menelan banyak korban jiwa. Awalnya, proyek ini diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar ke pemerintah pusat, namun kendala anggaran akibat pandemi membuatnya tertunda. Erick Thohir memuji ketekunan Andre Rosiade dalam memperjuangkan pembangunan ini, meskipun proyek tersebut sempat ditolak oleh pemerintah pusat.


Berkat usaha keras Andre Rosiade, pembangunan fly over dapat direalisasikan melalui sistem Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Saat ini, proyek tersebut telah masuk dalam PPP Book 2023 (Public Private Partnership) dan sedang dalam tahap persiapan pengadaan BUP (Badan Usaha Pelaksana).


Erick Thohir menegaskan dukungannya terhadap pembangunan ini dan menyebut kemungkinan peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi sebelum masa jabatannya berakhir pada Oktober 2024. Andre Rosiade menambahkan bahwa fly over Sitinjau Lauik, yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, sedang dalam proses.


Peletakan batu pertama proyek sepanjang 2,8 kilometer ini dijadwalkan sebelum pergantian Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto. Andre Rosiade mengungkapkan bahwa inisiatif pembangunan ini awalnya ditolak oleh Pemerintah Pusat, namun dia berhasil meraih persetujuan melalui pertemuan dengan pejabat tinggi di pusat, termasuk Presiden Jokowi.


Dalam keterangannya, Andre menekankan bahwa progres ini merupakan hasil kerja nyata sebagai kader Partai Gerindra, yang merupakan partai Prabowo Subianto. Progres ini diumumkan untuk memberi informasi kepada masyarakat Sumbar yang sangat menantikan pembangunan fly over ini.(des)