Moga Simatupang Jadi Komisaris Utama, Sucofindo Alami Perubahan -->

Iklan Atas

Moga Simatupang Jadi Komisaris Utama, Sucofindo Alami Perubahan

Minggu, 24 Maret 2024

Menteri BUMN Erick Thohir Tunjuk Komut Sucofindo Baru


Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan restrukturisasi Dewan Direksi dan Komisaris PT Sucofindo. Erick menunjuk Moga Simatupang sebagai Komisaris Utama perusahaan, menggantikan Veri Anggrijono.


Moga Simatupang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Kemendag).


Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Erick Thohir juga menunjuk Anas Puji Istanto sebagai Komisaris, menggantikan Himawan Hariyoga. Saat ini Anas juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Peraturan Perundang-undangan Kementerian BUMN.


Tidak hanya itu, pemegang saham juga menambahkan posisi baru yaitu Komisaris Independen yang dipegang oleh Mahatma Gandhi.


Untuk Dewan Direksi Sucofindo, RUPSLB menunjuk David Sidjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), menggantikan Johanes Nanang Marjianto. Sebelumnya, David Sidjabat menjabat sebagai Direktur Utama PT Phapros Tbk.


Selain itu, posisi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko yang sebelumnya dipegang oleh Budi Hartanto, kini diisi oleh Evi Afiatin, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).


Direktur Komersial juga mengalami perubahan menjadi Direktur Layanan Sumber Daya Alam (SDA) yang dipegang oleh Darwin Abas. Pemegang saham juga menambahkan struktur Direksi baru, yaitu Direktur Layanan Industri yang dijabat oleh Budi Utomo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Unit Bisnis Strategis (SBU) Sertifikasi dan Eco Framework PT Sucofindo.


“Semoga dengan adanya pergantian ini PT Sucofindo dapat terus berkembang dan berinovasi dalam memberikan layanan yang berkelanjutan. Selain itu, tetap menjaga solidaritas untuk kemajuan bersama. Khususnya untuk komisaris yang baru dapat mengawasi jalannya bisnis,” ujar Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Kementerian BUMN Chairiah.


Senada, Direktur Utama IDSurvey Arisudono mengapresiasi kinerja Direksi dan Komisaris Sucofindo dan berharap dengan adanya pergantian ini, mampu memberikan semangat baru bagi perusahaan.


“Semoga amanah yang diberikan ini dapat mendorong kesuksesan bersama. Khususnya dalam pencapaian visi misi SUCOFINDO dan IDSurvey, serta mendorong kolaborasi dan integrasi kinerja IDSurvey ke depannya,” papar Arisudono.


Adapun susunan terbaru Direksi dan Komisaris Sucofindo adalah sebagai berikut:


Dewan Direksi:


Direktur Utama: Jobi Triananda Hasjim

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Evi Afiatin

Direktur Layanan Sumber Daya Alam: Darwin Abas

Direktur Layanan Industri: Budi Utomo

Direktur Sumber Daya Manusia: David Sidjabat

Dewan Komisaris:


Komisaris Utama: Moga Simatupang

Komisaris Independen: Mahatma Gandhi

Komisaris Independen: Zainal Abidin

Komisaris: Anas Puji Istanto

Komisaris: Adi Budiarso.(BY)