OJK Sumbar Lakukan Edukasi Syariah, UMKM Padang Pariaman Desainer Produk Sendiri Kemasan Menarik -->

Iklan Atas

OJK Sumbar Lakukan Edukasi Syariah, UMKM Padang Pariaman Desainer Produk Sendiri Kemasan Menarik

Kamis, 21 Maret 2024
Sekdakab Rudy Repenadi Rilis, Deputi Direktur Pengawas OJK 1 Sumbar Mendi Rahmadi bersama para pelaku UMKM Padang Pariaman dalam acara Edukasi Syariah di Aula Kantor Bupati, Parit Malintang, Kamis 21 Maret 2024 (foto.doc.ikp)


Parik Malintang -  Padang Pariaman dikenal sebagai pusat kegiatan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang berkembang pesat. Mayoritas penduduk di wilayah ini mencari nafkah melalui berbagai jenis UMKM.



Hal demikian dinyatakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rudy Repenaldi Rilis, ketika membuka Edukasi Keuangan Syariah yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Provinsi Sumatera Barat di Hall Kantor Bupati, Parit Malintang, Kamis (21/3/2024).


Sekdakab Rudy menyebut edukasi keuangan syariah memiliki dampak yang signifikan bagi pelaku UMKM. Adanya pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip keuangan syariah, para pelaku UMKM akan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola keuangan secara lebih efektif.


"Pelaku UMKM Padang Pariaman bukan hanya menjalankan usaha. Tetapi juga bertindak sebagai desainer produk mereka sendiri" harap dia.


Karena, ucap Rudy, mereka terlibat mulai dari perencanaan kemasan, pemilihan warna, hingga desain font. Tentu bertujuan mengemas produk mereka dengan menarik dan rapi.


Sementara itu, Deputi Direktur Pengawas OJK 1 Kantor OJK Provinsi Sumbar, Mendi Rahmadi, menjelaskan UMKM memiliki keunggulan dalam hal risiko dan inovasi. 


Menurut dia, UMKM tidak hanya mudah dijalankan, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja yang signifikan, yang pada gilirannya dapat mengurangi tingkat pengangguran.


Mendi Rahmadi menyatakan edukasi keuangan dapat memengaruhi sikap. Dan perilaku seseorang dalam pengelolaan keuangan mereka, juga berdampak positif pada kesejahteraan mereka.


Acara ini diikuti sekitar 100 pelaku UMKM Padang Pariaman, juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo, Kepala Disdagnakerkop UMKM, Kabag.Perekonomian, Kepala Bidang UMKM, Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Alung, dan Pimpinan Unit Usaha Bank Nagari Pariaman dan Padang Pariaman. (saco)