Pelapor PBB Tuding Israel Hancurkan Sektor Perikanan Gaza, Memicu Krisis Kemanusiaan" -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Pelapor PBB Tuding Israel Hancurkan Sektor Perikanan Gaza, Memicu Krisis Kemanusiaan"

Jumat, 08 Maret 2024
Pakar PBB tuduh Israel targetkan nelayan di Gaza



Gaza – Michael Fakhri, Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak atas Pangan, secara tegas menuduh Israel menargetkan nelayan skala kecil di Gaza dengan menghentikan akses mereka ke laut serta menghancurkan perahu dan gubuk. Dalam pidatonya di hadapan Dewan Jenewa, Fakhri mengungkapkan bahwa sekitar 80% sektor perikanan Gaza telah rusak sejak 7 Oktober 2023. Meskipun Reuters belum dapat memverifikasi sepenuhnya klaim tersebut, gambar pada 8 Oktober 2023 menunjukkan tanda-tanda serangan di pelabuhan utama Kota Gaza.

Fakhri, seorang profesor hukum keturunan Lebanon-Kanada, mendesak negara-negara anggota untuk mempertimbangkan sanksi, pemutusan hubungan diplomatik, dan embargo senjata sebagai respons terhadap situasi tersebut. Dia juga menuduh Israel menghancurkan sistem pangan Gaza sebagai bagian dari kampanye kelaparan yang lebih luas dalam konflik melawan militan Hamas. Kritik juga ditujukan kepada badan hak asasi manusia PBB atas ketidakberbuatannya dalam menghadapi krisis ini.

Sementara itu, pejabat bantuan kemanusiaan telah memperingatkan tentang potensi kelaparan lima bulan setelah kampanye melawan kelompok Islam Palestina. Rumah sakit di wilayah kantong yang terpencil juga melaporkan kematian anak-anak akibat kekurangan gizi. PBB membentuk Komisi Penyelidikan pada 2021 untuk menginvestigasi pelanggaran di kedua sisi konflik, namun hingga saat ini belum mengeluarkan mosi baru sejak eskalasi kekerasan terbaru dimulai.(des)